Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelulusan UN Tingkat SMP di Tanjungpinang Tidak 100 Persen
Oleh : Habibi
Sabtu | 11-06-2016 | 14:58 WIB
kelulusan-smp-pinang.jpg Honda-Batam

Siswa SMP Negeri 7 Tanjungpinang saat menunggu hasil kelulusan.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Meskipun kelulusan jenjang sekolah menengah pertama (SMP) hanya ditentukan oleh rapat majelis guru, namun ternyata tetap Tanjungpinang tidak bisa lulus 100 persen.

Ada 2 orang dari SMP Swasta Hang Tuah yang tidak lulus, karena memang tidak dapat diluluskan mengingat prestasi akademik dan sikap memang tidak dapat ditolerir lagi. Dengan ini akhirnya kelulusan Tanjungpinang hanya 99,94 persen dengan jumlah yang lulus sebanyak 3.353 dari 3.355 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang Abdul Gani mengatakan, untuk kedua orang siswa yang tidak lulus ini dianjurkan untuk mengikuti sekolah kembali pada tahun depan. Dan diharapkan tidak putus sekolah, malah harusnya orangtua menyokong dan memotivasi siswa agar terus semangat bersekolah dan memperbaiki sikap.

"Kalau ikut paket C bisa, cuma ikut paket C juga harus tahun depan, karena sekarang paket C setahun cuma sekali. Makanya lebih baik nyambung sekolah aja, dan perbaiki sikapnya agar bisa lulus tahun depan," ujar Dadang saat dihubungi, Sabtu (11/6/2016).

Untuk diketahui, kelulusan tinggkat SMP, Kota Tanjungpinang meraih peringkat kedua, setalah Kota Batam. Namun, karena MTS pun harus digabung ke dalam penghitungan peringkat, Tanjungpinang masuk diperingkat 5 se-Kepri.

"Kalau hanya SMP saja Tanjungpinang peringkat ke dua se-Kepri. Kalau gabung MTS menjadi peringkat lima karena nilai rata-rata MTS rendah," ujarnya.

Pengumuman siswa mengenakan baju kurung. Pantauan dilapangan tidak ada aksi coret-coret bahkan siswa didapingi orangtua murid. Lagipula setelah kelulusan, Tanjungpinang diguyur hujan, kecil kemungkinan adanya aksi corat coret oleh siswa.

Editor: Dodo