Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Fluktuatif, Tak Ada Patokan Harga Sayur dan Komoditas Hewani di Tanjungpinang
Oleh : Habibi
Jum'at | 10-06-2016 | 12:59 WIB
pasar-pelantar-kud-jumat.jpg Honda-Batam

Suasana pasar Pelantar KUD Tanjungpinang, Jumat siang. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Patokan harga di pasar memang sangat membingungkan. Pasalnya para pedagang justru punya harga sendiri dan mengatur standar harga sendiri. Sementara Pemerintah seperti tidak bisa berkata-kata saat menentukan besaran harga untuk pedagang. Bahkan, saat rekapitulasi harga, justru pedagang lah yang menentukan harga jual.

Makanya tidak heran, harga terus berubah-ubah, khususnya harga ikan. Dan tidak heran juga harga antara pasar KUD dan Pasar Bintan Centre berbeda. Selain itu, harga pagi, siang dan kesiangan juga berbeda-beda walaupun jenis ikannya sama.

Seperti pengamatan BATAMTODAY.COM, Jumat (10/6/2016), harga ikan, ayam, sayur dan daging di pasar KUD fluktuatif. Yang mencengangkan adalah harga Ikan Tamban, yang biasanya dijual dengan harga Rp7 ribu per kilonya, hari ini capai Rp12 ribu saat pagi, dan saat siang harganya Rp10 ribu. Namun senangnya hati ibu-ibu, ikan tongkol yang biasanya Rp20 ribu sampai Rp25 ribu per kilonya, hari ini hanya Rp12 ribu, sama dengan harga ikan Tamban.

"Kalau ikan karang masih begitu-begitu saja, ada Rp25 ribu sampai Rp30 ribu. Ikan Selar Rp27 ribu per kilonya," ujar Edi, salah satu pedagang ikan di Pelantar KUD.

Kemudian untuk jenis ikan besar ada ikan merah yang dijual Rp40 ribu per kilonya, ikan Lebam besar Rp35 ribu per kilo, ikan bulat Rp35 ribu per kilo dan yang masih menjadi jawara adalah sotong dan udang, kata pedagang di sini.

"Sotong kalau kecil tak pilih Rp30 ribu, pilih Rp35 ribu. Kalau sotong besar Rp45 ribu per kilo. Udang jangan ditanya, paling kecil saja sekilonya mau Rp30 ribu, sedang Rp60 ribu dan besar ada yang Rp100 ribu ada juga yang Rp110 ribu," ujar Edi.

Masuk ke komoditi sayur, untuk sekarang ini kata pedagangnya masih stabil. Seperti yang dikatakan Rika, pedagang sayur di Pelantar KUD, untuk cabe rawit masih Rp32 ribu, cabe merah Rp35 ribu, bawang Jawa Rp24 ribu, bawang India Rp12 ribu, cabe hijau Rp24 ribu.

"Tomat masih biasa, Rp12 ribu, bayam biasa juga Rp14 ribu, sawi Rp14 ribu, kangkung Rp8 ribu, kacang panjang Rp12 ribu, kol Rp8 ribu, kentang Rp13 ribu dan terung Rp10 ribu," ujar Rika.

Kemudian yang masih mahal namun dikatakan pedagang harga biasa adalah cabe kering yang dijual Rp54 ribu per kilo. Kemudian, bawang putih juga termasuk tinggi, yaitu Rp36 ribu perkilonya.

Begitulah rekapitulasi harga Ikan, ayam, daging dan sayur di pasar KUD Tanjungpinang.

Editor: Dodo