Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jumlah TKA PT Yoshikawa Elektronik Bintan Terus Berkurang
Oleh : Harjo
Kamis | 09-06-2016 | 19:03 WIB
sidak.jpg Honda-Batam

Saat Tim Disnaker Bintan kroscek TKA di PT Yoshikawa Elektronik Bintan (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di PT Yoshikawa Elektronik Bintan (YEB) dari tahun ke tahun semakin menurun akibat berkurangnya produksi di perusahaan elektronik asal Jepang tersebut serta seringnya alih teknologi di YEB Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam itu.

"Jumlah TKA di YEB Bintan dari tahun ke tahun semakin menurun. Kalau awal-awal YEB beroperasi, TKA mencapai 40 orang, namun hingga saat ini hanya tinggal enam TKA," ungkap Eva Susanti, Hrd YEB Lobam kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (9/6/2016).

Keenam TKA yang secara keseluruhan berasal dari Jepang tersebut diantaranya, Kuroki Kiyoharu, Kawasoe Tomofumi, Kubo Hiro, Kenichi, Muramoto Hisafumi dan Hidaka Toshimitsu dan saat ini masih proses perpanjangan IMTA dan Kitasnya.

Eva menjelaskan, hingga saat ini YEB memiliki sebanyak 649 tenaga kerja dengan rincian sekitar 200 pekerja permanen dan sisanya masih berstatus kerja kontrak.

Hasfarizal Handra, Kepala Disnaker Bintan usai sidak keberadaan TKA di YEB, menyampaikan apresiasinya terhadap manajemen perusahaan tersebut yang sudah tertib dalam perizinan, khusus untuk para TKA.

Hasfarizal berharap kepada pihak manajemen YEB untuk terus meningkatkan perhatiannya kepada para pekerjanya, khususnya masalah keselamatan kerja.

Selain itu, karena saat ini sudah masuk bulan puasa, juga diharapkan agar pihak perusahaan melakukan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) paling lambat dua mingga sebelum hari raya.

Editor: Udin