Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal KM Berkah Pengangkut Sembako Tenggelam di Perairan Benan Lingga
Oleh : Nurjali
Kamis | 09-06-2016 | 08:39 WIB
korbankmberkah9.jpg Honda-Batam

Para ABK Kapal KM Berkah yang berhasil diselamatkan di Perairan Benan Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Kapal fery MV Lingga Permai bersama Satpolair Polres Lingga berhasil menyelamatkan tiga orang ABK kapal kayu KM Berkah. Kapal naas yang sedang mengangkut sembako dari Batam menuju Lingga itu karam di perairan Benan, Kecamatan Senayang, di titik kordinat 104.26.00 BT, 00.33.00.LU. 

 

Kapolres Lingga AKBP Mudji Supriyadi mengatakan, kronologis kapal karam tersebut terjadi pada Rabu (8/6/16). Saat itu sekitar pukul 06,00 Wib, Kapal KM Berkah berangkat dari Pelabuhan Hasim di Galang, Kota Batam, dengan muatan sembako menuju Daik Lingga.

Saat di perjalanan, sekitar pukul 07.00 Wib, tiba di perairan laut Benan, Kecamatan Senayang, tiba-tiba datang angin kencang dan ombak besar sehingga kapten kapal tidak dapat mengendalikan kapalnya sehingga mengakibatkan kapal ini tenggelam.

"Ketiga orang tersebut menyelamatkan diri dengan sekeping papan palka selama 6 jam terombang-ambing di laut," Kata AKBP Mudji Supriyadi.

Ketiga ABK kapal, masing-masing Jubir (41) kapten kapal, warga desa Limbung Kecamatan Lingga Utara, dan Idris (41) ABK asal Desa Limbung, Kecamatan Lingga Utara, dan Fitri (24) ABK kapal, asal Desa Limbung Kecamatan Lingga Utara.

"Mereka terombang ambing selama enam Jam, sebelum diselamatkan oleh MV Lingga permai," ujarnya.

Kronologis penyelamatan kapten kapal dan 2 ABK tersebut terjadi pada pukul 12,00 Wib. Saat itu kapal fery KM Lingga Permai melintasi laut Benan dan melihat di kejauhan ada tiga orang memberikan isyarat lambaiyan tangan pada jarak kurang lebih 50 meter.

Setelah memastikan bahwa itu adalah orang, kapten kapal KM Lingga Permai, Zainal membelokan kapalnya dan mengarahkan kapal mendekati tiga korban tersebut untuk di selamatkan.

"Kapten dan dua ABK kapal saat ini dalam keadaan selamat, dan saat ini dibawa menuju Lingga," jelas Kapolres Lingga.

Editor: Dardani