Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD RI Dukung Pemprov Kepri dalam Pembangunan Maritim
Oleh : Irawan
Rabu | 08-06-2016 | 17:22 WIB
Haripinto3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Komite IV DPD RI Haripinto Tanuwidjaja, Senator asal Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Senator Haripinto Tanuwidjaja menegaskan, wacana pembangunan maritim yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan bisa disokong penuh oleh Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri bisa mengajukan program pembangunan yang memperkuat kekuatan maritim. DPD RI akan mendukung Pemprov Kepri dalam membangun kekuatan maritim tersebut, melalui berbagai program pembangunan maritim. "Pembangunan maritim sangat besar yang bisa di-support," kata Haripinto di Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Menurut Haripinto, ada banyak program pembangunan maritim yang disiapkan pemerintah pusat untuk pemeritah daerah melalui melalui kementerian maritim dan sumber daya, kementerian perikanan dan kelautan. kementerian perhubungan dan kementerian ESDM.

"Selain itu ada juga program yang bersumber dari dana alokasi khusus. Pembangunan maritim memang sudah jadi fokus," katanya.

Provinsi Kepri, di mata Haripinto, memang sudah selayaknya bertindak banyak pada percaturan rencana besar pembangunan maritim Indonesia. Kondisi geografisnya yang 96 persen lebih merupakan wilayah perairan adalah modal besar untuk menjadikan Kepri sebagai sentra pembangunan maritim Indonesia.

Namun, untuk menuju ke sana, Haripinto menuturkan ada beberapa kerja yang mesti digesa pemerintah daerah di Provinsi Kepri. Tak boleh tidak, seluruh jajaran pemerintah daerah, kata Haripinto, mesti punya peduli dan proaktif terhadap pembangunan maritim.

Setiap usulan dari pemerintah di tingkat kabupaten/kota mesti terlebih dahulu dikumpulkan di Pemprov Kepri untuk kemudian disampaikan di Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). "Karena kalau disampaikan pemprov bisa lebih mudah koordinasinya," ujarnya.

Ia juga meyakini lantaran pengajuan Pemprov Kepri bisa lebih mudah ditanggapi karena selaras dengan program pembangunan nasional. Segalanya, sambungnya, memang juga bergantung pada kesiapan jenis program yang diajukan. "Ajukan proposalnya dan siapkan. Kami dari DPD perwakilan Kepri siap memfasilitasi," kata Anggota Komite IV DPD RI ini.

Editor: Surya