Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Tewas dan Belasan Orang Hilang Akibat Badai di Australia
Oleh : Redaksi
Senin | 06-06-2016 | 16:22 WIB
badai-australia-bbc.jpg Honda-Batam

Salah satu rumah di tepi pantai yang rusak akibat terjangan badai yang menyapu Australia. (Sumber foto: Reuters via BBC)

BATAMTODAY.COM - Tiga orang tewas dan belasan orang hilang akibat badai besar yang menyebabkan sungai-sungai meluap, pepohonan tumbang dan menghancurkan banyak kawasan pantai sepanjang pesisir timur Australia. 

Badai masih terus melanda kawasan selatan New South Wales, Victoria dan Tasmania. Erosi di Pantai Collaroy, Sydney memaksa dikosongkannya rumah-rumah mewah jutaan dolar, yang bahkan terancam rubuh.

Di Tasmania, siaga banjir besar dikeluarkan untuk tujuh sungai, dan dicemaskan dua orang tua tenggelam.

Seorang pria dilaporkan tersapu ke Sungai Ouse dari halaman belakang rumahnya sendiri pada hari Senin, sementara seorang perempuan hilang setelah banjir menggenangi rumahnya di utara-barat negara.

Tim penyelamat juga mencari seorang pria yang hilang ketika sedang meembersihkan bebatuan di dekat Pantai Bondi, Sydney.

Pada Senin pagi, ditemukan jenazah seorang pria di Sungai Cotter dekat Canberra di kawasan ibukota, Australian Capital Territory. Polisi mengatakan pria 37 tahun itu terjebak banjir di sebuah perlintasan sungai.

Tim penyelam polisi juga mengangkat mayat dua pria yang mobilnya terseret di New South Wales dalam dua kejadian terpisah.

Seorang pria 65 tahun terjebak dalam kendaraannya saat berusaha menyeberangi banjir di Bowral, sementara pria satunya lagi tewas setelah kendaraannya tersapu banjir dari jalanan di pinggiran Sydney.

Northern Tasmania mengalami banjir terburuk dalam beberapa dasawarsa, Senin (6/6/2016) ini, hingga banyak kota di wilayah itu terendam air.

Dewan Asuransi dari Australia mengatakan perusahan-perusahaan asuransi sejauh ini telah menerima 11.150 klaim di Queensland dan New South Wales senilai sekitar A$38 juta (Rp360 miliar).

Sumber: BBC
Editor: Dodo