Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Muhammad Ali Berpulang, Dua Petinju Asia Ini Merasa Kehilangan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 04-06-2016 | 17:02 WIB
muhammad-ali-telegraph.jpg Honda-Batam

Muhammad Ali. (Sumber foto: Telegraph)

BATAMTODAY.COM - Meninggalnya Muhammad Ali pada Jumat (3/6/2016) waktu Amerika Serikat, menyisakan duka mendalam di kalangan tinju dunia, termasuk dua petinju Asia yakni Chris John dan Manny Pacquiao.

Dikutip dari BBC, Chris John yang dikenal dengan julukan "Sang Naga" mengaku Ali merupakan sosok yang menginspirasi dirinya dalam mengeluti karir tinju.

"Saya sangat kehilangan atas kematiannya...Saya pribadi terinspirasi oleh dia. Dia merupakan inspirasi saya di masa kecil saya," jelas Chris John kepada AFP. Baca: Petinju Legendaris Muhammad Ali Tutup Usia

Chris John juga mengatakan sosok Ali sebagai legenda tinju dunia, membuat tinju dunia menjadi favorit penonton.

Terinspirasi dari sosok Ali, Chris John pun meraih juara kelas bulu versi World Boxing Association pada 2003 dan berhasil mempertahankan gelarnya selama 18 kali.

Sementara itu, Pacquiao mengaku sangat kehilangan atas kepergian Muhammad Ali. Ia menyatakan bahwa Muhammad Ali memiliki jasa yang besar di dunia tinju internasional.

“Kita kehilangan seorang tokoh besar hari ini. Tinju sangat beruntung memiliki Muhammad Ali. Talentanya sangat besar. Hati dan doa kami bersama keluarga Ali. Semoga Tuhan melindungi mereka,” tutur Pacquiao, seperti dikutip dari Boxing Scene, Sabtu (4/6/2016).

Muhammad Ali meninggal dunia setelah lebih dari tiga dekade menderita penyakit Parkinson. Selain menderita Parkinson, Muhammad Ali juga memiliki penyakit saluran pernapasan.

Sumber: BBC dan Okezone
Editor: Dodo