Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ari Dono Sukmanto Resmi Jabat Kabareskim Gantikan Anang Iskandar
Oleh : Irawan
Selasa | 31-05-2016 | 12:07 WIB
kabareskimbaru1.jpg Honda-Batam

Pelantikan Kabarasekim baru Irjen Pol Ari Dono Sukmanto

BATAMTODAY.COM, Jakarta- Kapolri Jenderal Badrodin Haiti melantik Kabareskrim Polri Irjen Ari Dono Sukmanto yang menggantikan Komjen Anang Iskandar dalam rangka pensiun pada Juni nanti.

 

Pelantikan berlansung di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (31/5/2016) bersamaan dengan delapan perwira tinggi lainnya.

Dalam amanatnya, Badrodin meminta Ari agar mengevaluasi kerja Kabareskrim sebelumnya demi meningkatkan kinerja Polri. Selain itu, penegakan hukum harus dilakukan dengan menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah.

"Peka dan responsif ke setiap penegakan hukum terutama yang jadi perhatian publik. Respons cepat, penegakan hukum untuk kepenting‎an keadilan tidak boleh ada kepentingan lain," kata Badrodin dalam amanatnya.

Dia berharap, di tangan Ari, Bareskrim bisa menjadi lokomotif pada Korps Bhayangkara‎ dalam penegakan hukum. ‎"Setiap proses penegakan hukum harus akuntabel dan transparan. Program yang belum dilaksanakan, dilanjutkan kembali. Termasuk pembenahan di internal dan program untuk mengurangi keluhan mas‎yarakat," tandasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti juga resmi melantik delapan perwira tinggi (pati) lainnya. Dia meminta kepada mereka untuk memanfaatkan jabatan sesuai tugas, pokok, dan fungsinya.

"Semuanya akan menuntut peranan polri maksimal untuk melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan.‎ Sekarang penyebaran berita dan informasi berjalan cepat tanpa batas, akan berpotensi timbulkan isu negatif. Kalau tidak dikelola baik, akan menjadi ganguan," ujar Badrodin dalam sambutannya.


Asisten SMD Kapolri yang saat ini ditempati oleh Irjen Pol Sabar Rahardjo akan ditempati oleh Irjen Jodie Rooseto. Jodie saat ini menjabat Kapolda Jawa Barat.

Sementara posisi Kapolda Jawa Barat akan diisi Irjen Bambang Waskito‎ yang sebelumnya Widyaswara Sespim Polri.

Kapolda Jambi Brigjen Musyafak digeser menjadi Kapolda Kalimantan Barat. Posisinya diduduki Brigjen Yazid Hanani yang sebelumnya menjabat Dirtipiter Bareskrim Polri.‎

Kapolda Sulawesi Barat dijabat Brigjen Lukman Wahyu yang sebelumnya menempati posisi Karoprovos Divpropam Polri. Posisi Wakabareskrim akan diisi Brigjen Antam Novambar yang sebelumnya menjabat direktur Tindak Pidana Narkoba Polri.

Editor: Surya