Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolri Tunjuk Irjen Ari Dono sebagai Kabareskim Baru
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-05-2016 | 15:37 WIB
irjen_AriDono.jpg Honda-Batam

Inspektur Jenderal Ari Dono Sukmanto

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Inspektur Jenderal Ari Dono Sukmanto ditetapkan yang saat ini masih menjabat Wakabareskim menggantikan Komisaris Jenderal Anang Iskandar sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskim) Polri. Ari Dono menggantikan Anang karena Anang memasuki masa pensiun di usia 58 tahun.

"Iya, Ari Dono menjadi Kabareskrim," kata Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti saat seperti dilansir laman Tempo.co

Awalnya, ada empat nama yang beredar dan disebut cocok menggantikan Komjen Anang. Mereka adalah Kepala BNPT Komjen Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto, Gubernur Akpol Irjen Anas Yusuf, dan Kalemdikpol Komjen Syafruddin.

Namun menjelang akhir bulan ini, beredar nama Irjen Ari Dono Sukmanto yang dikabarkan akan menggantikan Komjen Anang. Ari Dono yang merupakan Akpol 86 saat ini menjabat Wakabareskrim

Sementara itu, Wakil Bareskrim Polri saat ini yang ditinggalkan Ari Dono akan ditempati Brigadir Jenderal R. Antam Novambar. Pergantian itu dilakukan menyusul Surat Telegram dari Badrodin Haiti pada 27 Mei 2016 Nomor ST/1314/V/2016.

Mutasi juga dilakukan terhadap beberapa kepala kepolisian daerah. Merujuk pada Surat Telegram tersebut, jabatan Kepala Polda Jawa Barat saat ini dipegang Inspektur Jenderal Bambang Waskito. Sebelumnya, jabatan Kepala Polda Jawa Barat dipegang Inspektur Jenderal Jodie Rooseto.

Kepala Polda Kalimantan Barat yang baru akan dijabat Brigjen Musyafak, menggantikan Brigjen Arief Sulistyanto. Sedangkan Brigjen Yazid Fanani akan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Polda Jambi, yang sebelumnya dijabat Brigjen Musyafak.

Editor: Surya