Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aksi Mogok Berakhir, La Liga Digelar Akhir Pekan Ini
Oleh : Dodo
Jum'at | 26-08-2011 | 16:47 WIB

MADRID, batamtoday - Kompetisi Primera Division akhirnya akan segera dimulai pada akhir pekan ini setelah terjadi kesepakatan antara pihak LFP dan AFE untuk mengakhiri pemogokan.

Bolanews melansir pembicaraan yang sudah dilakukan antara pihak LFP dan AFE untuk mencari solusi agar mundurnya gelaran kompetisi La Liga diakhiri, akhirnya mencapai kata sepakat setelah pada pembicaraan sebelumnya mengalami jalan buntu.

Pada awal bulan ini, pihak AFE mengumumkan bahwa para pemain dari dua divisi teratas kompetisi sepak bola Spanyol akan mengadakan mogok main di dua putaran awal bergulirnya musim 2011-12, kecuali kesepakatan dengan LFP tercapai.

AFE ingin adanya jaminan uang untuk melindungi gaji para pemain apabila klub-klub yang menaungi para pemain tersebut dinyatakan bangkrut dan mereka mengklaim bahwa klub-klub di Spanyol sudah berhutang sekitar 50 juta euro untuk membayar gaji lebih dari 200 pemain di akhir musim lalu.

Dan kini, sebuah pernyataan yang dikutip dari laman resmi AFE mengkonfirmasi bahwa permasalahan tersebut sudah diselesaikan.

"Komite AFE dan LFP sudah mencapai sebuah kesepakatan untuk menjamin, meskipun dapat diartikan macam-macam, pendapatan dari para pesepak bola," tulis pernyataan tersebut seperti dikutip ESPNSoccernet.

"Setelah mengadakan rapat pada hari Kamis kemarin antara pihak AFE dan LFP, maka rencana mogok yang direncanakan berlangsung pada tanggal 26 Agustus hingga 29 Agustus dinyatakan batal."

"Di sini di AFE, kami berterima kasih untuk kesabaran dan pemahaman pada mereka yang secara tidak langsung ikut terkena imbas kejadian ini. Akhirnya, dan yang paling penting, kami ingin berterima kasih pada para pemain Spanyol dan non-Spanyol yang bermain di kompetisi sepak bola kami."

"Kami ingin menyampaikan betapa bangganya kami terhadap mereka semua untuk persatuan dan solidaritas yang belum pernah terjadi sebelumnya yang sudah mereka tunjukkan ketika banyak dari rekan-rekan mereka berjuang menuntut hak mereka."

Perundingan yang terjadi di antara kedua belah pihak pada pekan lalu tidak tercapai kata sepakat sehingga membuat jadwal pembukaan kompetisi di musim baru untuk Primera Division dan Segunda Division mengalami penundaan di akhir pekan lalu.

Tapi kini, setelah kesepakatan di antara kedua belah tercapai, putaran kedua musim kompetisi baru akan segera dimulai, dimana Barcelona akan menjamu Villarreal pada hari Senin, 29 Agustus 2011 dan juga Real Madrid yang akan bertandang ke Real Zaragoza di hari Minggu, 28 Agustus 2011 waktu setempat.