Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Cara Memperbaiki Nilai UN 2016 yang Jeblok
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 27-05-2016 | 08:50 WIB
buretno27.jpg Honda-Batam

Kepala Sekolah SMA Kartini Batam, Dra. Hj. Retno Winaryanti. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ini berita gembira bagi para siswa di Batam dan wilayah lain di Provinsi Kepri yang nilai ujian nasional (UN) 2016 lalu masih di bawah standar kompetensi. Karena Kementerian Pendidikan masih memberi kesempatan bagi mereka untuk melakukan perbaikan nilai.

 

"Memang tahun 2016 ini, kelulusan siswa tingkat SMP dan SMA sepenuhnya ditentukan oleh pihak sekolah, tidak seperti dulu. Jadi, ada siswa yang nilainya di bawah standar juga lulus," ujar Kepala Sekolah SMA Kartini Batam, Dra. Hj. Retno Winaryanti kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (27/5/2016).

Bagi para siswa yang ingin memperbaiki nilai UN-nya, harus mendaftar secara online ke: unp.kemdikbud.go.id. Ujian akan dilakukan pada bulan Oktober 2016. Ini adalah ujian nasional perbaikan nilai.

UN perbaikan ini berbeda dengan UN susulan yang diperuntukkan bagi siswa-siswa yang berhalangan hadir pada pelaksanaan UN utama karena alasan yang dapat dipertanggung-jawabkan.

"Memang tidak ada kewajiban bagi para siswa untuk melakukan perbaikan nilai, tapi untuk kepentingan para siswa di masa mendatang, inilah kesempatan yang diberikan oleh pemerintah," lanjut wanita berjilbab itu lagi.

Editor: Dardani