Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Pesan Lengkap Presiden Jokowi untuk Nurdin Basirun
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 25-05-2016 | 21:20 WIB
Nurdindilantik_edit.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penyerahan Keppres pelantikan Nurdin Basirun sebagai Gubernur Kepulauan Riau oleh Presiden Joko Widodo

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Selain mengucapkan selamat pada 5 gubernur dan wakil Gubernur yang dilanntik, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) juga berpesan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru dilantik untuk langsung bekerja.

"‎Saya ucapkan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang sudah resmi dilantik, dengan dilakukanya pelantikan ini, saya harapkan masing-masing Keepala daerah dapat langsung bekerja, dekat dengan masyarakat,"ujar presiden Joko Widodo dalam Amanah-nya usai melakukan Pelantikan gubbernur dan wakil Gubernur di Istana Negara, Jakarta,Rabu,(25/5/2016). 
 
Presiden menegaskan, tugas maha berat masing-masing Gubernur dan Wakil Gubernur telah menanti, dan senantiasa harus memastikan semua rakyat yang dipimpinnya cukup pangan, mendapatkan air bersih, memperoleh listrik, menikmati layanan transportasi umum yang terjangkau, serta mampu mengakses layanan pendidikan dan kesehatan dengan kualitas yang baik.
 
"Saudara-saudara juga harus mempersiapkan daerah yang saudara pimpin untuk mengahadapi era kompetisi, eras persaingan dengan semangat kerja keras, produktifitas dan inovasi. Sehingga kita bersama-sama bisa menjadi bangsa yang terdepan dan berkemajuan. Menjadi bangsa pemenang," tutur Presiden Jokowi.
 
Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengingatkan, bahwa sebagai gubernur dan wakil gubernur, mereka adalah wakil pemerintah pusat di daerah. Karena itu, dalam melaksanakan pembangunan daerah, para gubernur hendaknya berpedoman pada visi-visi presiden yang sudah tertuang dalam nawacita.
 
"Dengan cara itu, kita akan bisa membangun keterpaduan, memperkuat sinergi dalam mempercepat pembangunan nasional," tutur Presiden.
 
Menurut Presiden Jokowi, gubernur dan wakil gubernur merupakan ujung tombak keberhasilan program-program prioritas nasional. Untuk itu, Presiden meminta mereka untuk memastikan program-program prioritas nasional, termasuk kebijakan deregulasi, debirokratisasi yang telah dikeluarkan pemerintah bisa berjalan sefektif sampai ke daerah.
 
"Saya juga meminta gubernur dan wakil gubernur menjadi simpul koordinasi anatara pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten dan kota. Sehingga program-program kementerian dan lembaga di pusat dan di daerah, serta program-program pembangunan lintas kabupaten betul-betul terkonsolidasi dengan baik," sambung Presiden Jokowi.
 
Presiden juga berharap, spara gubernur dan wakil gubernur selalu mendekatkan diri dengan rakyat. 
 
"Jangan bekerja dibelakang meja saja, harus mau terjun langsung ke lapangan untuk mengurai maslah yang ada," ujar Presiden seraya meminta mereka juga melakukan reformasi birokrasi dan anggaran publik secara fundamental, memperbaiki sistem tata kelola pemerintahan, serta meningkatkan inovasi pelayanan publik. Sehingga pemerintah selalu terasa kehadirannya ditengah masyarakat.
Editor: Surya