Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

25 Tim SMU dan Mahasiswa Se-Kepri Ikuti Lomba PCTA 2016
Oleh : Harjo
Rabu | 25-05-2016 | 19:37 WIB
lomba.jpg Honda-Batam

Lomba Diskusi Parade Cinta Tanah Air yang diikuti 25 Tim SMU dan Mahasiswa Se-Kepri, berlangsung di Mako Lantamal IV Tanjungpinang (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Dalam rangka menumbuhkan cinta tanah air di kalangan pelajar SMU/SMK dan Mahasiswa di Kepulauan Riau, Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Provinsi Kepri meyelenggarakan Lomba Diskusi Parade Cinta Tanah Air berlangsung di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Rabu (25/5/2016).

Lomba kali ini diikuti 25 peserta SMU/SMK yang ada di Kepulauan Riau dengan mengambil tema “Dengan Cinta Tanah Air Akan Tercipta  Generasi Muda Yang Mampu Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016”.

Dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Pertahanan Provisi Kepri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang HZ Dadang, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan cinta tanah air di kalangan generasi muda yang ada di Kepulauan Riau.

"Ke depan, kegiatan ini akan kita laksanakan di beberapa pulau yang ada di Kepri seperti Ranai, Tarempa, Tanjung Balai Karimun dan Dabo Singkep. Sehingga generasi muda kita yang ada di pulau-pulau ikut terlibat di dalam program “Diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) ini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Pertahanan Provinsi Kepri Brigjen TNI (Mar) R.Gatot Suprapto dalam sambutanya yang dibacakan Kolonel Marinir Endjang mengatakan bahwa parade cinta tanah air merupakan salah satu program Kementerian Pertahanan RI yang dilaksanakan oleh Kantor Pertahanan Provinsi Kepri untuk mensosialisasikan dan menyampaikan pesan pembentukan karakter kepada generasi muda.

"Tahun ini, ada beberapa perbedaan dengan tahun yang lalu, baik pelaksanaan yang di daerah maupun di pusat. Sesuai edaran petunjuk lomba yang sudah dikirimkan bersama undangan peserta lomba, sebagai contoh peserta lomba satu tim 2 orang sedangkan yang tahun lalu satu tim 3 orang," katanya.

Sedangkan di tingkat mahasiswa, yang lalu menulis artikel namun tahun ini sama seperti tingkat SLTA yakni diskusi dan uji argumen sementara itu materi di pusat ditambah dengan kegiatan fisik penyegaran baris berbaris, tata cara pengibaran bendera merah putih, kecakapan Saka Kartika, Saka Bahari dan Saka Dirgantara, Outbond dan wisata Bela Negara dan kegiatan non fisik pengetahuan Bela Negara, Bimbingan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), kegiatan tes akademik Free Test bagi SLTA dan buat esay bagi Mahasiswa.

Expand