Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penerimaan Siswa Baru di Anambas Nihil Masalah, Ini Penyebabnya
Oleh : Alfredi Silalahi
Senin | 23-05-2016 | 14:26 WIB
herianto-kadisdik-anambas.jpg Honda-Batam

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto. (Foto: Alfredi Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Penerimaan Siswa Baru(PSB) tingkat SD,SMP,dan SMA/SMK di Anambas tidak pernah bermasalah. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas masih menjalankan program Pendidikan Gratis.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto mengatakan pihaknya masih menjalankan program Pendidikan Gratis, sehingga bagi calon siswa baru ‎tidak perlu memikirkan biaya pendaftaran.

"Kita menerapkan program Pendidikan Gratis, kita sudah rapatkan dengan kepala kepala sekolah di Anambas ini.‎ Sehingga tidak ada pungutan biaya sama sekali. Tidak seperti sekolah di kota/kabupaten lain yang masih ada pungutan," katanya, Senin (23/5/2016).

Herianto menambahkan, daya tampung sekolah terhadap calon siswa baru tingkat SD, SMP dan SMA/SMK masih mencukupi. Pasalnya di setiap desa telah memiliki SD, dan setiap kecamatan telah berdiri SMP serta SMA.

"Daya tampung sekolah bagi calon siswa baru masih longgar, karena kita memiliki SD sebanyak 67, SMP sebanyak 27, SMA sebanyak 11. Dan jumlah siswa SD yang tamat, akan melanjut ke tingkat SMP ada 897, sedangkan jumlah lulusan SMP yang akan melanjut ketingkat SMA 812 siswa/i. Justru dari luar Anambas yang banyak pindah ke sini karena faktor biaya," terangnya.

Herianto mengakui, pendidikan di Anambas masih terkendala di bidang transportasi. Dia berharap kedepannya dana pendidikan bisa mencapai 20 persen dari APBD. "Dana pendidikan di Anambas masih belasan persen,dan ini terus menurun. Kita harapkan kedepannya bisa sesuai dengan Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), agar transportasi bagi siswa/i bisa ditingkatkan lagi," tegasnya.‎

Editor: Dodo