Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MU Juara Piala FA Usai Kalahkan Cyrstal Palace
Oleh : Redaksi
Minggu | 22-05-2016 | 08:00 WIB

BATAMTODAY.COM, London-Manchester United akhirnya mengakhiri puasa gelar di ajang Piala FA. Minggu (22/5) dini hari WIB, mereka menjadi juara turnamen tersebut usai menang 2-1 atas Crystal Palace.

 

United tidak meraih gelar juara tersebut dengan mudah. Kendati pun mendominasi penguasaan bola, United kerap direpotkan oleh serangan balik cepat dari pemain-pemain Palace.

Tim berjuluk Setan Merah itu pun tertinggal lebih dulu ketika sepakan Jason Puncheon dari sudut sempit membobol gawang David De Gea di menit ke-78. Untungnya buat United, Juan Mata mampu menyamakan kedudukan tiga menit kemudian.

Di babak perpanjangan waktu, United harus bermain dengan 10 orang setelah Chris Smalling mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke-105. Namun, meskipun bermain dengan 10 orang, United bisa mencetak gol kedua lewat sepakan keras Jesse Lingard di menit ke-110.

Ini adalah trofi ke-12 United, yang membuat mereka sejajar dengan Arsenal dalam urusan trofi terbanyak Piala FA. United dan Arsenal juga jadi tim yang paling banyak tampil di final Piala FA, yakni 19 kali.

Bagi United juga, ini merupakan trofi pertama mereka sejak tahun 2004, di mana ketika itu mereka menang 3-0 atas Millwall.

Setelah menjuarai Piala FA pada 2004, United dua kali melaju ke final, yakni pada 2005 dan 2007. Namun, pada masing-masing dua final tersebut, mereka dikalahkan Arsenal dan Chelsea.

Trofi Piala FA 2016 juga menjadi trofi pertama Louis van Gaal selama menjadi manajer United dan juga trofi Piala FA pertama untuk kapten mereka, Wayne Rooney, dan juga sang wakil, Michael Carrick. Ketika terakhir kali United menjuarai Piala FA sebelum ini, baik Rooney maupun Carrick belum bergabung.

"Menjadi suatu hal yang sulit saat Anda cuma bisa melihat dari bangku cadangan saat di final. Tapi, kami tak pernah menterah dan terus berjuang," kata Juan Mata di BBC.

"Ini merupakan saat yang sulit, tapi kami menyudahinya dengan kabar bagus untuk fans. Memang sebuah gol yang luar biasa dari Jesse."

"Ini merupakan hari yang harus dinikmati. Terutama untuk para fans karena mereka menjalani musim yang sulit," tambah pemain asal Spanyol itu.

Editor: Surya