Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Buruk, KSOP Karimun Imbau Seluruh Kapal Batalkan Pelayaran
Oleh : Nursali
Sabtu | 21-05-2016 | 12:01 WIB
Kantor-Syahbandar-Karimun.jpg Honda-Batam

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Balai Karimun (Foto: Nurali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun, Khairul Anwar, intruksikan kepada seluruh operator kapal pelayaran tujuan Batam agar membatalkan pelayarannya.

Hal ini disampaikannya, jika dalam pelayaran kapten kapal menjumpai kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

"Kalau menemui cuaca yang buruk di tengah perjalanan, maka sebaiknya seluruh kapal pelayaran membatalkan keberangkatan. Akhir-akhir ini kan cuaca sering berubah-ubah tanpa bisa diprediksi," kata Khairul menanggapi BATAMTODAY.COM di Tanjungbalai. Sabtu (21/5/2016)

Khairul juga mengatakan, jika masing-masing kapten kapal tidak dapat membatalkan pelayaran saat  menemui cuaca mendadak buruk di tengah perjalanan, maka dirinya menyarankan agar para operator kapal pelayaran segera mungkin mengambil alternatif jalur pelayaran.

"Kalau di tengah jalan cuaca buruk, sehingga tidak memungkinkan untuk kembali, maka sebaiknya capten kapal berlayar di tepi-tepi pulau terdekat. Tujuannya untuk keselamatan penumpang," kata Khairul lagi.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh cruw kapal pelayaran komersil agar memeriksa terlebih dahulu perlengkapan pengaman, sebelum melakukan pelayaran.

Editor: Udin