Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Pembina Upacara di SMA Negeri 3, Ini yang Disampaikan Kasi Datun Kejari Lingga
Oleh : Nur Jali
Senin | 16-05-2016 | 15:22 WIB
kasi-datun-lingga.jpg Honda-Batam

Kasi Datun Kejaksaan Negeri Daik Lingga, Bayanullah saat menjadi pembina upacara di SMA Negeri 3 Lingga. (Foto: nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Selayar - Pemandangan berbeda terlihat saat upacara bendera di SMA Negeri 3 Lingga, yang berada di Kecematan Selayar. Biasanya, guru atau kepala sekolah yang menjadi pembina upacara, namun kali ini diisi oleh Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Kejaksaan Negeri Daik Lingga, Bayanullah.

Hal ini membuat Kepala SMA Negeri 3 Daik Lingga, Ravion merasa senang. Dia berharap, ke depan ada anak Lingga yang bisa mengabdikan diri di korps Adhyaksa tersebut.

"Kami sangat senang dengan kunjungan ini, dan kesediaan kasidatun untuk menjadi pembina upacara, saya berharap kedepan ada putra dan putri Lingga yang bisa menjadi Jaksa nantinya," kata Ravion, Senin (16/5/2016).

Sementara itu, Bayanullah mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang menjadi tugas dan fungsi dari seksinya untuk memperkenalkan korps Adhyaksa kepada para pelajar yang nantinya diharapkan memiliki minat untuk bergabung di Kejaksaan.

"Kita perkenalkan tupoksi dari dari Datun, dan struktur di Kejaksaan, agar pelajar mengerti apa tugas dan fungsinya," kata dia.

Bayanullah juga mengatakan akan menyambangi 15 sekolah lainnya untuk memberikan sosialisasi ini, dan pemahaman kepada pelajar tentang hal ini. "Kita akan langsungkan kegiatan ini, hingga akhir bulan Desember tahun 2016 ini," ungkapnya.

Selain memberikan pemahaman kepada anak-anak sekolah, Datun Kejaksaan Negeri Daik Lingga juga memberikan pemahaman atau upaya persuasif kepada masyarakat melalui Kotak Pelayanan Hukum Gratis untuk masyarakat tidak mampu. Hal ini semata-semata untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Lingga akan pentingnya pemahaman terhadap aturan-aturan hukum yang berlaku, dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Kotak-kotak pelayanan hukum gratis ini, sudah kita pasang beberapa bulan yang lalu, di tempat-tempat strategis di Kabupaten Lingga hal ini penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, dan pembekalan hukum, masyarakat dapat berkonsultasi tentang permasalahan hukum apa saja kepada kejaksaan melalui layanan hukum gratis ini," jelasnya.

Editor: Dodo