Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang Dipastikan Masuk Kandidat Peraih Adipura 2016
Oleh : Roland Aritonang
Minggu | 15-05-2016 | 17:52 WIB
Lis_Darmansyah.jpg Honda-Batam

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang-Kota Tanjungpinang dipastikan masuk kandidat kabupaten dan kota yang meraih adipura pada 2016 ini.

"Nilai sudah memenuhi kriteria, kita sudah masuk dalam kandidat meraih Adipura," ujar Lis Darmansyah, Walikota Tanjungpinang, Minggu (15/5/2016) di Tanjungpinang.

Menurut Lis, pengumuman pemenang Adipura akan diinformasikan pada bulan Juni 2016 mendatang.
Sedangkan Ketua LSM Air, Lingkungan Manusia (Alim) Provinsi Kepri Kherjuli mengatakan, yang menjadi titik penting dalam penilaian kandidat peraih Adpura 2016 adalah mengenai kawasan pembuangan akhir, kawasan pelantar dan pasar tradisional.

Dia menjelaskan untuk menjadi salah satu peluang yang menjadikan Kabupaten dan Kota masuk dalam kandidat pemenang Adipura itu, adalah pengelolaan sampah di TPA yang mengunakan sistem sanitary landfill dan control landfill.

"Sistem ini ‎sudah diterapkan di TPA Tanjungpinang. Sistem ini merupakan yang terbaik di se Sumatera," kata Kherjuli.

Dalam penilaian Adipura ini, memang TPA menjadi titik yang paling terpenting, selain memiliki nilai yang paling tinggi dibandingkan dengan item penilaian lainnya.

"Dimana kategori kota sedang, nilai rata-rata untuk TPA adalah 74. Apabila penilaiannya buruk, maka sudah berdampak jelek untuk item penilaian lain.maka kecil harapanya untuk mendapatkan adipura, " ungkapnya. ‎

Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tanjungpinang ini, kemudian menceritakan mengapa pada 2015 lalu, Tanjungpinang tidak berhaisl meraih Adipura, karena item penilaian lainnya masih di bawah rata-rata, serta komitmen kepala daerah dan masyarakat yang kurang antusias.

"Adipura tidak sekedar bersih-bersih taman saja melainkan membutukan kinerja daerah," tutupnya.

Editor: Surya