Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Tempe Masih Stabil

Jelang Ramadhan, Harga Telur Naik Tajam di Karimun
Oleh : Nursali
Minggu | 15-05-2016 | 13:05 WIB
telur-nursali1.jpg Honda-Batam

Foto telur (Foto: BATAMTODAY.COM/Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Naiknya harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan pada semua komiditi, seperti telur, terpaksa dijual oleh para pedagang di atas harga normal.

Di Pasar Puan Maimun, Kabupaten Karimun, misalnya, telur satu papan yang biasanya dijual seharga Rp32 ribu, kini dijual Rp37 ribu. Kenaikan harga ini mulai dalam beberapa pekan terakhir.

"Tahun lalu pun kalau nggak salah saya naik seperti ini juga Bang. Tiap tahun menjelang puasa, barang-barang pasti naik," kata Ita, pedagang sembako kepada BATAMTODAY.COM di Pasar Puan Maimun. Minggu (15/5/2016)

Ita mengatakan, harga telur akan terus mengalami kenaikkan bisa menyentuh Rp 40 ribu per peti/papan, terutama menjelang lebaran Idul Fitri. "Kalau telur selalu naik Bang. Menjelang lebaran, telur bisa Rp 40 ribu per papan," ungkapnya.

Sedangkan Pakde Abi mengatakan, harga komiditi yang tidak mengalami kenaikkan adalah yang berbahan kacang kedelai, dan cenderung stabil. Sehinga harga tempe yang dijual di tetap harganya Rp 5 ribu per buah.

"Kalau tempe harganya tetap Bang. Saya juga nggak ngerti kenapa," kata Pakde Abi.

Namun, kata Pakdhe Abi, bahan dasar pembuatan tempe ada yang mengalami kenaikan. "Kalau yang ini Rp 3 ribu, kalau beli dua Rp.5 ribu. Kalau yang ini Rp.5 ribu. Ukurannya lebih besar dari pada yang ini," katanya.

Editor: Surya