Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahasiswa Sopan, Dapat Diskon Makan 50 Persen
Oleh : Redaksi
Selasa | 10-05-2016 | 09:14 WIB
restoransopanchinabyreuters10.jpg Honda-Batam

Upaya memperkenalkan sopan santun lewat sikap hormat kepada karyawan kantin. (Foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, Shanghai - Sebuah universitas Cina menawarkan potongan harga 50% di kantinnya, jika para mahasiswa menghormati para karyawan kantin.

 

Kebijakan ini diterapkan di Universitas Anhui Normal di kota Wuhu, Cina timur, sebagai bagian dari kampanye kampus untuk memperbaiki sopan-santun mahasiswa, lapor situs berita resmi provinsi tersebut, Anhui Online.

Diskon yang memotong harga makanan dari enam yuan atau Rp12.000 menjadi tiga yuan tersebut diperoleh jika mahasiswa menyebutkan kata-kata seperti "halo", "minta tolong" dan "terima kasih".

Dan setiap orang yang mengatakan kepada karyawan kantin, "Anda sudah bekerja keras" juga akan mendapat hadiah. "Baru-baru ini universitas menjadi tuan rumah perbincangan tentang bagaimana memperkenalkan sopan-santun, dan kami berpikir kantin dapat menjadi sarana pendidikan," kata pejabat universitas, Jing Fangming.

Gagasan ini mungkin akan didukung mahasiswa yang kekurangan uang, tetapi ternyata tidak banyak didukung oleh para pengguna media sosial Cina.

"Saya tidak percaya Anda benar-benar menggunakan uang untuk mengajarkan kesopanan dasar," demikian salah satu pandagan di situs Sina Weibo. (Sumber : BBC Indonesia)

Editor: Dardani