Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perkuat Muatan Lokal, Cara Disdik Karimun Agar Murid Pahami Daerahnya
Oleh : Nursali
Senin | 09-05-2016 | 13:52 WIB
sudarmadi-karimun.jpg Honda-Batam

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Sudarmadi.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun saat ini tengah menggodok mata pelajaran muatan lokal untuk memperkaya pengetahuan murid dalam memahami daerahnya masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Sudarmadi mengatakan pentingnya muatan lokal yang mengajarkan tentang budaya suatu daerah, tokoh-tokoh, hingga mengenal lebih jauh karakteristik lingkungannya. Sehingga para pelajar tersebut dapat membaur di tengah-tengah masyarakat.

"Itulah yang saat ini kita godok ke Provinsi Kepri agar mata pelajaran muatan lokal ini dibakukan. Tujuannya untuk mengetahuai potensi dan sejarah Karimun ini," kata Sudarmadi menanggapi BATAMTODAY.COM, di DPRD Karimun, Senin (9/5/2016).

Ia juga mengatakan selain karakter daerah Karimun, dalam mata pelajaran itu juga nantinya akan memuat pelajaran yang mempelajari tentang kebudayaan lokal, sehingga regenerasi kebudayaan lokal akan tetap terjaga.

"Kita harus punya muatan lokal dalam bentuk perda jika perlu. Pak Sani dulu pernah menyarankan muatan lokal tersebut," katanya lagi.

Ia menambahkan, dengan diterapkannya mata pelajaran muatan lokal yang sesuai dengan masing-masing daerah di Provinsi Kepri ini, akan menjadikan siswa lebih berbudaya dan mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi.

"Kalau di daerah-daerah lain sudah menerapkan hal ini," pungkasnya.

Editor: Dodo