Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembekuan PSSI akan Dicabut Sebelum Kongres FIFA
Oleh : Redaksi
Senin | 09-05-2016 | 09:02 WIB
kantorpssibyafp.jpg Honda-Batam

Kantor PSSI di Jakarta. (Foto: APF)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pencabutan pembekuan FIFA atas PSSI diharapkan akan dapat memperbaiki kualitas sepak bola Indonesia. Pemerintah Indonesia memastikan akan mencabut sanksi terhadap Persatuan sepak bola seluruh Indonesia (PSSI) sebelum Kongres FIFA di Meksiko digelar pada 12-13 Mei 2016 nanti.

 

Kementerian Pemuda dan Olah Raga mengatakan akan mencabut sanksi terhadap PSSI sebagai syarat utama agar Federasi Sepak Bola Internasional, FIFA, mencabut sanksi terhadap PSSI.

"Pokoknya sebelum itu (Kongres FIFA), dijamin pemerintah sudah akan mencabut pembekuannya (PSSI)," kata Deputi Peningkatan Prestasi Olah Raga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto kepada wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, Minggu (08/05) siang.

PSSI mengharapkan pemerintah mencabut sanksi atas PSSI sebelum Kongres FIFA pada 12-13 Mei 2016 nanti.
Usulan pencabutan sanksi terhadap PSSI pertama kali dimunculkan oleh Presiden Joko Widodo saat bertemu Komite ad hoc reformasi PSSI pada akhir Februari lalu.

Kemenpora membekukan PSSI pada April tahun lalu karena organisasi itu dianggap menyalahi aturan pemerintah terkait kompetisi liga. PSSI kemudian menghentikan kompetisi liga profesional.

Keputusan ini kemudian berubah menjadi krisis sepak bola nasional setelah FIFA membekukan PSSI karena pemerintah dianggap mencampuri internal PSSI.

Pembekuan PSSI oleh FIFA menyebabkan Timnas Indonesia tidak dapat mengikuti turnamen sepak bola internasional seperti kualifikasi Piala Dunia atau Piala Asia.

Pimpinan PSSI lantas mengajukan gugatan hukum ke PTUN terhadap putusan pembekuan Kemenpora. Dua bulan lalu, Mahkamah Agung menolak kasasi Kemenpora dan menerima putusan PTUN Jakarta Timur yang menganggap sanksi tersebut tidak sah. (Sumber: Sportsatu)

Editor: Dardani