Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebelum Bawa Leicester City Juara Premier Leaque

Claudio Ranieri Ternyata Pernah Kapok Jadi Pelatih
Oleh : Redaksi
Minggu | 08-05-2016 | 09:45 WIB
Ranery_edit.jpg Honda-Batam
Claudio Ranieri, pelatih Leicester City

BATAMTODAY.COM-Nama Claudio Ranieri tengah bersinar. Manajer asal Italia itu menjadi perbincangan hangat setelah sukses membawa tim papan bawah Leicester City menjuarai Premier League musim ini.


Ranieri sosok yang memiliki pengalaman panjang dalam karier kepelatihan. Dia pernah melatih di liga Italia, Prancis, Spanyol hingga Inggris. Manajer berusia 64 tahun itu juga pernah melatih timnas.

Namun kenyataannya, Ranieri sempat kapok menjadi pelatih sepakbola. Itu terjadi saat dia baru memulai karier sebagai pelatih usai pensiun dari status pemain sepakbola profesional. Terjadi di tahun 1987.

"Di tahun kedua karier saya, saya baru sekali memimpin tim kecil Puteolana di Serie C. Tapi kemudian sesuatu yang aneh terjadi, pemilik klub memecat saya tanpa alasan yang jelas," kata Ranieri dilansir Soccerway.
 
"Saya berkata dalam hati, ini bukan dunia saya. Saya suka dunia sepakbola sebagai pemain, bukan sebagai pelatih. Sebab di dunia pelatih lebih bernuansa politis. Sementara saya tidak suka politik."

Namun keputusan Ranieri berhenti tertunda setelah dia dikontrak Cagliari. Selanjutnya karier Ranieri berjalan mulus. Dia dipercaya melatih klub-klub besar Eropa seperti Napoli, Valencia, Atletico Madrid dan Chelsea.

Dalam 30 tahun kariernya menjadi pelatih, Ranieri telah memimpin 15 klub dan satu timnas, yaitu timnas Yunani pada tahun 2004.

Sumber: Viva.co.id
Editor: Surya