Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Detik-detik Menegangkan Pengumuman UN

132 Siswa SMA 1 Tebing Kompak Mulutnya Komat-Kamit
Oleh : Nursali
Minggu | 08-05-2016 | 08:45 WIB
Komatkamit.jpg Honda-Batam
132 SMA 1 Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun berkumpul dalam aula berdoa sambil komat kamit agar lulus Ujian Nasional 2016. (Foto: BATAMTODAY.COM/Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Ada pemandangan menarik terhadap ratusan siswa SMA1 Karimun di Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.


Sebanyak 312 duduk di aula pertemuan sekolah dengan mulut komat-kamit dan menundukkan kepala.

Mereka bukannya membaca mantra, melainkan membaca doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar lulus dalam UN tingkat SMA pada Sabtu, 7 Mei 2016 kemarin.

Riski Pristiandi siswa jurusan IPS SMA 1 Karimun mengaku khawatir akan detik-detik yang menentukan masa depannya tersebut. Menurutnya pengumuman kelulusan ini adalah sesuatu yang sangat penting untuk jenjang pendidikannya yang lebih tinggi.

"Saya berdoa Bang, agar diluluskan Allah ujian saya. Saya mau kuliah lagi Bang. Kalau tak lulus, nggak tau lagi lah Bang. Doa apa yang bagus Bang?" kata Riski kepada BATAMTODAY.COM di Sekolahnya.

Kekhawatiran ini ternyata diperparah lagi dengan intruksi sang guru untuk banyak-banyak berdoa agar para siswanya lulus pada ujian nasional kali ini.

"Anak-anak, kalian harus banyak berdoa, sebelum menerima lembar kelulusan, saya ingin kalian semua kuat mental dan harus ikhlas. Kalau ada yang tidak lulus dapat mengulang di tahun depan," ucap salah seorang guru sembari membimbing siswanya untuk berdoa.

Editor: Surya