Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tan Kin Lian Gunakan Pendekatan Berbeda Soal Keharmonisan Ras
Oleh : Dodo
Selasa | 23-08-2011 | 14:48 WIB
Tan-Kin-Lian.gif Honda-Batam

Tan Kin Lian, kandidat presiden Singapura. (Foto: Dodo)

SINGAPURA, batamtoday - Kandidat presiden Tan Kin Lian mengatakan pada Selasa bahwa cara terbaik untuk mempromosikan keharmonisan rasial adalah untuk menunjukkan rasa hormat dengan budaya dan bahasa dari semua kelompok etnis.

Pendekatan ras yang dilakukan Tan Kin Lian berbeda dari kandidat presiden lainnya, Tan Cheng Bock, yang telah membuat multirasialisme sebagai platform kunci dari kampanyenya. Tan Cheng Bock telah menyarankan bahwa etnis kelompok-kelompok swadaya seperti Mendaki dan Sinda bisa bergabung untuk mempromosikan integrasi yang lebih besar antara ras-ras.

Tan Kin Lian mengatakan ada keuntungan dan kerugian untuk saran ini, namun lebih baik untuk memiliki pendekatan multi-cabang.

"Dalam beberapa kasus, pendekatan kelompok berdasarkan kelompok etnis mungkin bisa membantu, tetapi ada kelompok lain yang lebih multi-rasial," katanya. "Saya pikir kedua bisa berdampingan, sehingga tidak perlu untuk mengatakan kita hanya harus memilih satu atau yang lain," tambahnya seperti dilansir oleh The Strait Times.

Tan mengatakan ia telah mencoba untuk belajar bahasa yang berbeda dan telah membuat satu titik untuk berbicara dalam empat bahasa nasional dalam pidato-pidatonya dan perbincangannya.

"Saya yakin Dr Tan Cheng Bock sangat baik dalam mempromosikan multi-rasialisme dan saya menghormatinya untuk karyanya. Seperti untuk saya, saya akan melakukannya dengan cara saya," katanya.