Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perilaku Siswa Jadi Cermin Penentu Kelulusan
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 04-05-2016 | 15:35 WIB
Andi-Agung-disdik.jpg Honda-Batam

Kepala Bidang (Kabid) Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Andi Agung.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengumuman kelulusan SMA sederajat tinggal menghitung hari lagi. Para siswa kini tengah berdebar karena keputusan kelulusan ditentukan oleh dewan guru di sekolah.

Apabila siswa yang tersandung hukum atau perilaku di sekolah tidak baik. Tentunya siswa itu harus mengulang atau dinyatakan tidak lulus. Namun keputusan itu tetap di tangan dewan guru.

"Kalau sikapnya tidak baik di sekolah, itu pasti tidak lulus, tapi keputusan itu di dewan guru. Bukan lagi terhadap hasil Usian Nasional," ujar Kepala Bidang (Kabid) Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Andi Agung, Rabu (4/5/2016)

Andi menjelaskan keterian siswa lulus ada tiga kriteria. Pertama menyelesaikan program pembelajaran, mempunyai nilai sikap perilaku minimal baik, dan mengikuti ujian nasional (UN).

"Apabila dari kriteria itu siswa tidak masuk kategori, bisa tidak lulus," tegasnya

Pengumuman kelulusan kata Andi digelar serentak di Batam, pada Sabtu 7 Mei mendatang, pukul 16.00 WIB. Saat ini Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) masih berada di Tanjungpinang.

Ia berharap pengumuman hasil UN didampingi orang tua, agar aksi konvoi yang sangat merugikan semua orang bisa dihindari dan keselamatan siswa juga bisa terjaga.

"Saya sudah perintahkan semua sekolah untuk menghubungi polisi terdekat. Dalam pengumuman bisa dijaga, guna keselamatan anak semua," pungkasnya.

Editor: Dodo