Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demokrat Usulkan 3 Nama Calon Wakil Gubernur Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 03-05-2016 | 10:41 WIB
Husnizar-Hood.jpg Honda-Batam

Wakil Ketua DPRD Kepri, Husnizar Hood (Sumber foto: Tanjungpinangpos)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kendati masih menunggu Peraturan Pemerintah, sebagai juklak dan juknis dari UU nomor Nomor 8 tahun 2015 tentang perubahaan atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan PP pengganti UU nomor 1 tahun 2015 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, Wakil Ketua DPRD Kepri, Husnizar Hood, menyatakan pelaksanaan penggantian Wakil Gubernur Kepri berkemungkinan akan dipilih DPRD Kepri.

Kepada wartawan, Husnizar Hood, mengatakan dari konsultasi yang mereka lakukan ke Mendagri melalui Dirjen, karena pergantiaan Gubernur dan Wakil Gubernur ini merupakan kasus pertama dan belum diatur secara spesifik di UU nomor 8 tentang Pilkada, maka dalam waktu dekat Peraturan Pemerintah (PP) UU nomor 8 tahun 2015 akan segera dikeluarkan.

"Namun demikian, ‎dari penjelasan Dirjen Kemendagri, penetapan Wakil Gubernur dimungkinkan dengan pelaksanaan pemilihan oleh DPRD," sebutnya.

Sedangkan mengenai mekanisme dan teknisnya, khususnya mengenai pendaftaran serta syarat dan sistim pengajuan, akan dijelaskan pada PP UU nomor 8. Demikian juga mengenai mekanisme pelaksanaan pemilihan di DPRD.

"Atas dasar itu, hingga saat ini kita masih menunggu PP dan konsultasi lanjutan dengan Menteri Dalam Negeri," terangnya

Ditanya mengenai pelaksanaan pengusulan Wakil Gubernur tersebut di Demokrat sebagai Parpol pengusung, Husnizar menyatakan, hingga saat ini, di internal parpolnya sendiri belum ada keputusan.

"Untuk pengusungan Wakil Gubernur belum ada keputusan, baru sebatas mengakomodir satu kader terbaik dan satu dari keluarga, itu baru pembicaraan pertama," ujarnya, Senin (2/5/2016).

Namun demikian, Sekretaris DPD Demokrat ini juga mengatakan, akan mencoba mengajukan agenda penetapan Wakil Gubernur Kepri yang akan diusung dan diajukan Partai Demokrat bersama sejumlah Papol lainnya itu ke Banmus DPRD Kepri.

"‎Nanti di Banmus DPRD juga akan kita coba usulkan agenda pengusulan dan penetapan Wakil gubernur ini," ujarnya.

Sementara tindak lanjut pengusulan calon Wakil Gubernur di internal Parpol pengusung, dikatakan Husnizar Hood, ‎akan ada pembicaraan lebih lanjut di tingkat partai pengusung dan saat ini sudah mulai dibicarakan dan bahkan menurutnya sudah hampir selesai antara kader dan keluarga.

‎"Dalam menentukan calon wakil yang akan di usung, kami juga membicarakan dan melakukan konsolidasi dengan sejumlah parpol pengusung lainnya dan saat ini ada 3 nama yang akan diusulkan," ujar Husnizar Hood tanpa menyebut siapa saja 3 nama calon Wakil Gubernur yang diusulkan itu.

Editor: Udin