Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPS Berharap Sensus Ekonomi Bisa Tingkatkan Daya Saing Anambas
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 01-05-2016 | 16:03 WIB

BATAMTODAY.COM, Anambas-Sensus ekonomi yang dilakukan sepuluh tahun sekali yang dilaksanakan selama sebulan penuh dari 1-31 Mei 2016 bertujuan untuk menunjang kepentingan nasional, khususnya berkaitan dengan sektor ekonomi.


Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris berharap pada  31 Mei nanti sensus ekonomi dapat rampung.  Sensus ekonomi tersebut,dilakukan untuk menunjang kepentingan nasional, tidak hanya kalangan pejabat sensus juga dilakukan terhadap masyarakat yang memiliki usaha diluar sektor pertanian dan peternakan.

"Ada beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik(BPS),intinya adalah mengenai sektor ekonomi. Ini adalah awal,dimulainya sensus ekonomi,dari tanggal 1 Mei dan kita harapkan 31 Mei nanti,semuanya sudah rampung. Baik terhadap pelaku usaha yang menghasilkan dan mendatangkan uang," katanya Minggu(01/05/2016).

Sementara itu,‎ Kepala BPS Kabupaten Kepualaun Anambas,memalui Koordinator Sensus Kecamatan Siantan Resa Surya Utama mengatakan sensus ekonomi yang dilakukan selama sepuluh tahun sekali. Tidak semua desa yang dilakukan sensus,karena ada beberapa desa dinilai bukan wilayah konsentrasi wilayah ekonomi.

"Ini masih awal,dan kita mulai dari Bupati. Dan selanjutnya kepada masyarakat pelaku usaha. Ada beberapa desa yang tidak dikunjungi, tetapi untuk Kecamatan Siantan,seluruh desa dikunjunngi oleh tim untuk disensus. Dan petugas sensus akan melakukan pendataan dengan mendatangi seluruh tempat usaha atau perusahaan non pertanian yang berada di Anambas," terangnya.

Resa menambahkan terdapat beberapa poin pertanyaan yang disampaikan mulai dari jumlah usaha baik dirumah tangga maupun ditempat lain. 

Sensus ekonomi pun nantinya menampilkan potret usaha kondisi perekonomian masyarakat.‎ Pelaku usaha dapat mengetahu posisi,peluang serta daya saing usaha. 

Masyarakat dapat menerima manfaat dari kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah. Pemerintah juga sebagai landasan perencanaan, pengambilan kebijakan serta evaluasi kegiatan.

"Untuk pelaksanaan sensus,kami menggunakan Mitra yang kami seleksi serta kami latih,totalnya ada 54 petugas,terdiri dari 15 orang pengawas,dan 39 orang sebagai petugas pendata. Harapan kami,agar semua responden mau menyampaikan secara jujur saat disensus,agar semua dapat berjalan lancar," tegasnya.

Editor: Surya