Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prestasi Bintan di Popda Kepri Merosot
Oleh : Harjo
Kamis | 21-04-2016 | 09:26 WIB
Mahfur_Zurahman_Kadisdikpora_Bintan.jpg Honda-Batam
Mahfur Zurahman, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bintan (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Prestasi atlet Bintan di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kepri VI  di Batam yang ditutup Rabu (20/4/2016) lalu, harus puas dengan prestasi di urutan kelima dengan peroleh medali 4 emas, 14 perak dan 17 perunggu. Prestasi itu berada di bawah Batam yang menjadi juara umum, disusul oleh Tanjungpinang, Lingga, Tanjungbalai Karimun.

Bintan hanya di atas Natuna yang terpaut hanya satu medali emas di urutan keenam dan ketujuh Anambas yang sama sekali belum memperoleh medali dalam Popda IV Kepri 2016.

"Kontingan Bintan sudah berjuang maksimal, walau pun prestasinya kembali seperti pada tahun 2012 lalu yaitu di urutan kelima dan 2014 berada di urutan ke tiga serta tahun ini kembalinlagi dinurutan ke tiga. Dengan adanya penurunan prestasi tersebut, tentunya harus dilakukan evaluasi dari semua sisi," ujar Mahfur Zurahman, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bintan, kepada BATAMTODAY.COM secara terpisah, Rabu (20/4/2016).

Mahfur menjelaskan apa pun dari hasil prestasi yangbdi peroleh kontingen pelajar Bintan, harus di syukuri. Karena dengan apa yang sudah di raih, maka akan menjadi sebuah evaluasi terutama terhadap seluruh Pengcab olahraga yang ada di Bintan.

"Semua akan dievaluasi, terutama dengan Pengcab olahraga dan KONI sebagai induk olahraga. Mengingat sebelumnya untuk anggaran kontingen Bintan yang akan berlaga din Popda Kepri. Sebelumnya memang sempat tidak di anggarkan oleh Disdikpora, walau pun sudah diajukan sebelumnya, tetapi karena defisit anggaran maka sempat sama sekali tidak ada anggarannya," ungkap Mahfur.

Mahfur menjelaskan kontingen pelajar Bintan yang bertanding dalam Popda Kepri, yang sebelumnya tidak di anggarkan. Bisa berangkat, atas inisiatif dari Bupati dan wakil Bupati Bintan, yang membantu melalui anggaran KONI Bintan.

"Mudah-mudahan kedepan kondisi olahraga di Bintan akan semakin baik. Termasuk mulai dari pembinaan olahraga dan  fasilitasnya,  sehingga bisa menghasilkan bibit atlet yang berprestasi yang bisa membawa nama daerah ke ajang yang lebih tinggi," harapnya. 

Inilah Perolehan Pendali Popda Provinsi Kepri VI

Batam: 34 emas, 20 perak, 22 perunggu
Tanjungpinang: 24 emas, 24 perak, 24 perunggu
Lingga: 12 emas, 15 perak, 24 perunggu
Karimun: 10 emas, 9 perak, 20 perunggu
Bintan: 4 emas, 14 perak, 17 perunggu
Natuna: 3 emas, 6 perak, 7 perunggu
Anambas: nihil

Editor: Dardani