Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Trump dan Clinton Menangi Pemilihan Pendahuluan di New York
Oleh : Redaksi
Rabu | 20-04-2016 | 12:51 WIB
160420031150_trumpclinton-reuters.jpg Honda-Batam
Baik Donald Trump maupun Hillary Clinton mengungguli pesaing mereka dalam pemilihan pendahuluan bakal kandidat presiden AS dari Partai Republik dan Partai Demokrat di New York (sumber foto: BBC Indonesia)

BATAMTODAY.COM, New York - Donald Trump memenangi pemilihan pendahuluan bakal kandidat presiden dari Partai Republik di Negara Bagian New York, begitu pula Hillary Clinton dari Partai Demokrat.

Melalui proyeksi jaringan sejumlah media di Amerika Serikat, Trump memperoleh hampir 60 persen dari 85 persen suara yang masuk.

“Saya harus mengatakan kepada orang-orang yang mengenal saya dengan baik, orang-orang di New York, bahwa luar biasa ketika mereka memberi suara sebanyak ini,” kata Trump dalam pidato di Trump Tower, Manhattan, Kota New York.
   
Jumlah delegasi yang akan diperolehnya dalam rangkaian pemilihan pendahuluan, menurut Trump, bakal melampaui perkiraan siapapun.

Sampai saat ini, Trump telah mengantongi dukungan dari 840 delegasi atau kurang 397 delegasi untuk memperoleh predikat sebagai "kandidat presiden AS dari Partai Republik".

Sementara itu, di kubu Partai Demokrat, Hillary Clinton tampil sebagai pemenang dalam pemilihan pendahuluan di New York sekaligus memupus harapan pesaingnya, Bernie Sanders.

Clinton menambah 104 delegasi pada pemilihan tersebut, sehingga secara keseluruhan dia telah mendulang 1.862 delegasi. Mantan ibu negara AS itu memerlukan 521 delegasi lagi untuk menjadi "kandidat presiden AS dari Partai Demokrat".

Setelah hasil pemilihan pendahuluan di New York diumumkan, Clinton dan Sanders akan bertarung di 16 negara bagian selama dua bulan ke depan. Bulan ini mereka memperebutkan suara lima negara bagian, termasuk di Pennsylvania yang memiliki 189 delegasi. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Udin