Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bandara Letung akan Beroperasi H-1 Ramadhan
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 17-04-2016 | 17:47 WIB
letungjemaja.jpg Honda-Batam
 Bandara Letung, Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas

 BATAMTODAY.COM, Anambas-Terkait dengan pembangunan Bandara Letung,di Kecamatan Jemaja,Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Anambas memastikan bahwa sehari sebelum puasa,pesawat Susi Air sudah dapat beroperasi. 

Untuk itu pihaknya menggesa pembangunan Bandara tersebut,agar jadwal yang telah dipastikan tidak meleset.

"Sesuai dengan jadwal,bahwa H-1 puasa (Ramadhan), pesawat Susi Air sudah mendarat di Bandara Letung. Dan untuk pembangunan bandara pesawat foker 50 sudah bisa digunakan,"kata Kepala Dinas Perhubungan Masykur Minggu(17/04/2016).

Masykur menambahkan bahwa saat ini tim verifikasi dari Kementrian Perhubungan telah melakukan peninjauan,dan hasilnya yang akan memutuskan layak atau tidaknya Bandara digunakan. Dan pihaknya berencana untuk perpanjangan run way agar pesawat Boeing dapat mendarat di Bandara tersebut.

"Agar Boeing dapat mendarat,kita harus perpanjang run way sepanjang 1200 meter lagi. Kalau yang saat ini runway nya masih 1200. Dan untuk perpanjangan runway kita harus koordinasi dengan Kementrian Transmigrasi meminta pengalihan lahan,"ujarnya.

Masykur juga menyampaikan,untuk sisi darat 10 gedung fasilitas penunjang bandara seperti terminal penumpang,gedung operasi‎ dan lainnya telah selesai. Namun saat ini pihaknya ingin menambah tujuh unit rumah bagi karyawan dan jalan akses lingkungan.

"Pembangunan fasilitas pendukung telah rampung semua,seperti X-ray,poloklinik,ruang tunggu. Namun untuk rumah karyawan masih dalam proses,dan dana semuanya itu dari pemerintah pusat,pemerintah provinsi dan dari Anambas juga,"jelasnya.

Masykur melanjutkan,bahwa bandara juga memerlukan mobil pemadam kebakaran. Sebab mobil pemadam kebarakan tersebut merupakan salah satu syarat untuk beroperasinya bandara.

"Kita masih mengusahakan mobil pemadam kebakaran,karena itu syarat mutlak untuk beroperasinya suatu bandara‎,"terangnya.‎

Editor : Surya