Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Persiapan Rampung, MTQ ke-IV Anambas Siap Digelar
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 17-04-2016 | 15:14 WIB

BATAMTODAY.COM, Anambas-Persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IV tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas diperkirakan rampung pada Minggu (17/4/2016) ini.

Sementara untuk pelaksanaan MTQ tersebut berlangsung selama enam hari, dimulai pada 18-23 April mendatang.

Ketua I Panitia MTQ Kabupaten Kepulauan Anambas Andi Agrial mengatakan pelaksanaan MTQ tinggal menghitung jam dan segala persiapan harus digesah agar acara tersebut bisa berjalan sesuai rencana.

"‎Hasil tinjauan kita dilapangan, persiapan sudah mencapai 90 persen. Dan hari ini targetnya semua telah siap. Yaitu dimulai dari pembangunan astaka, stand pameran dan sebagainya,"katanya Minggu (17/04/2016).

Pria yang juga menjabat sebagai Asisten II Setdakab Anambas itu juga menambahkan, MTQ akan diselenggarakan di Desa Nyamuk,Kecamatan Siantan Timur.Dan cabang yang diperlombakan dalam acara tersebut ada delapan.

"‎Cabang yang diperlombakan yakni,Tilawah Anak-anak, Remaja dan Dewasa (putra-putri). Tafsir Bahasa Inggris dan Indonesia, Tafiz 1 dan 5 Juz, Tartil (putra-putri, Fahmil Al Quran (putra-putri), Syarhil Al Quran (putra-putri), Khotil Al Quran, dan Mushab (putra-putri). Yang tidak diperlombakan, Tafiz 10, 20 dan 30 Juz serta Tabsir Bahasa Arab," terangnya.

Sedangkan untuk Dewan Hakim‎ MTQ didatangkan dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi berkisar 40 orang.

"Kafilah diperkirakan, Senin (18/4) sore baru tiba dilokasi dan langsung melakukan pendaftaran. Dan pada MTQ kali ini, Qasidah Rebbana dan Pawai Taruf juga diperlombakan namun tidak dinilai untuk penentuan juara Umum MTQ,"ujarnya.

Andi menjelaskan, untuk rentetan pelaksanaan MTQ sendiri dimulai pada Senin (18/4/2016) sekitar pukul 19.30 WIB, yakni Malam Taruf dan Pelantikan Dewan Hakim yang dipusatkan di Lapangan Binaraga Nyamuk, Kecamatan Siantan Timur. Pada Selasa (19/4) pukul 07.30 WIB akan dilaksanakan Pawai Taruf. 

Masih dihari yang sama, sekitar pukul 15.30 WIB dilaksanakan Pembukaan stand bazar. Pada malam harinya sekitar pukul 19.30WIB, Pembukaan MTQ ke IV tingkat Kabupaten Anambas direncanakan akan dibuka oleh Bupati Anambas  Abdul Haris. 

Penutupan MTQ ke-IV sendiri, sekaligus pengumuman pemenang akan dilakukan pada Jumat (22/4/2016) mendatang. 

Editor: Surya