Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyelundupan Kebutuhan Pokok karena Masalah Ekonomi
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 15-04-2016 | 16:12 WIB
beras-selundupan-sengkuang.jpg Honda-Batam
Penyelundupan beras lewat pelabuhan tak resmi di Tanjung Sengkuang beberapa waktu lalu.

BATAMTODAY.COM, Batam - Meski saat ini beragam upaya dilakukan serta banyak upaya penyelundupan digagalkan, ternyata masih banyak pelaku-pelaku yang berusaha menyelundupkan beragak kebutuhan pokok, seperti beras, gula, bawang serta lainnya ke Batam.

Menurut Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam, Nugroho Wahyu Widodo, kondisi tersebut dikarenakan masalah ekonomi yang saat ini semakin sulit.

"Kenapa masih ada penyelundupan meski sudah banyak penegahan yang kita lakukan, kami melihat dikarenakan faktor ekonomi," ujar Nugroho.

Dijelaskan, para pelaku tersebut tentunya selalu mencari keuntungan yang lebih tinggi untuk menjual barang dagangannya.

"Misalnya, di negara tetangga harga komoditinya lebih murah dibanding di Indonesia. Mereka tentu akan berupaya membeli di luar dan masukkan ke Indoesia, berharap keuntungan yang lebih," terang Nugoro.

Namun sesuai aturannya, pihaknya akan terus melakukan penindakan terhadap setiap upaya penyelundupan. "Beberapa kali kita sudah melakukan penggagalan, baik itu beras, gula, balpres atau lain sebagainya. Rata-rata semua dibawa dari Malaysia," pungkasnya.

Editor: Dodo