Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wartawan yang Bantu al-Shabab Dihukum Mati
Oleh : Redaksi
Selasa | 12-04-2016 | 09:14 WIB
hassan_hanafi by ap.jpg Honda-Batam
Hassan Hanafi divonis hukuman mati bulan lalu oleh pengadilan militer di ibu kota Mogadishu. (Foto: AP)

BATAMTODAY.COM, Mogadishu - Seorang wartawan Somalia, yang membantu kelompok milisi al-Shabab membunuh lima rekan wartawan, telah dihukum mati oleh regu tembak.

Hassan Hanafi, yang sebelumnya dipandang sebagai wartawan yang dihormati, divonis hukuman mati bulan lalu oleh pengadilan militer di ibu kota Mogadishu.

Dia dinilai membantu kelompok milisi dengan mengidentifikasi kemungkinan sasaran di antara para wartawan dari tahun 2007 dan 2011.

Hanafi bergabung dengan kelompok bersenjata al-Shabab setelah bekerja dengan Radio Andalus yang menjadi corong al-Shabab di Somalia. Lebih 25 wartawan dibunuh di Somalia sejak tahun 2007, kata Committee to Protect Journalists.

Saat dia bekerja untuk al-Shabab, Hanafi akan menelpon wartawan dan mengancam mati mereka jika menolak bergabung dengan kelompok militan tersebut, lapor wartawan BBC Mohammud Ali.

Al-Shabab sering kali melakukan serangkaian serangan di Mogadishu dan kota-kota lain. Kelompok ini masih menguasai banyak daerah pedesaan di Somalia selatan. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani