Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Yayasan Cetya Vidia Sasana Dukung Program Sabtu Bersih Bupati Karimun

Enam Ratusan Siswa Vidya Sasana Berburu Sampah di Tiga Lokasi
Oleh : Nursali
Sabtu | 09-04-2016 | 10:41 WIB
vidya_sasana.jpg Honda-Batam
Guru dan siswa/i di Yayasan Cetya Vidia Sasana serta personil Sat Shabara Polres Karimun berburu sampah di sepanjang rute hingga ke lokasi yang ditunjuk (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak enam ratusan pelajar mulai dari tingkat TK, SD SMP dan SMK yang ada di Yayasan Cetya Vidia Sasana, diterjunkan ke tiga lokasi di Kabupaten Karimun, untuk "berburu sampah" yang ada di lokasi tersebut. Adapun sasaran lokasi kegiatan berada di Pasar Telaga Harapan, Pasar Naga Mas dan Taman Bermain di depan RSUD Karimun.

Untuk di Pasar Telaga Harapan, Yayasan Cetya Vidia Sasana menerjunkan siswa/i TK dan siswa/i SD dari kelas 1-4. Sedangkan di Pasar Naga Mas diturunkan siswa/i SMP kelas 8 dan siswa/i SMK kelas 11. Sementara di Taman Bermain di depan RSUD Karimun Yayasan ini menerjunkan siswa/i SD Kelas 5, siswa/i SMP kelas 7 dan siswa/i SMK kelas 10.  


Pengawas Yayasan Cetya Vidia Sasana sekaligus Kepala Sekolah SMP Vidia Sasana, Y Ginen Suprapno (kiri) didampingi Kasat Shabara Polres Karimun, AKP Edward (Foto: Nursali)

Pengawas Yayasan Cetya Vidia Sasana, Y Ginen Suprapno kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (9/4/2016) di lokasi mengatakan, kegiatan Sabtu Bersih ini untuk mendukung program Bupati Karimun, Aunur Rafiq, yang telah mencanangkan hari Sabtu sebagai hari bersih-bersih di lingkungannya masing-masing.

"Kami berharap,kegiatan ini dapat dicontoh sekolah-sekolah lain yang ada di Karimun ini," ujar Y Ginen Suprapno yang juga merangkap sebagai Kepala Sekolah SMP Vidia Sasana tersebut.

Baca: Rafiq Canangkan Sabtu Jadi Hari Bersih di Karimun


Wakil Kepala Sekolah SMP Vidia Sasana bidang Kesiswaan, Bobi Hartanto (kiri) bersama personil Sat Shabara Polres Karimun (Foto: Nursali)

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMP Vidia Sasana bidang Kesiswaan, Bobi Hartanto menjelaskan, siswa/i yang diterjunkan ke lokasi sasaran, masing-masing membawa kantong plastik saat dilepas dari sekolah.

"Jika di rute perjalanan menuju ke titik sasaran para siswa/i menemukan sampah, maka mereka diwajibkan memungut dan memasukkannya ke dalam kantong plastik yang telah mereka bawa sebelumnya. Setelah tiba di lokasi yang ditunjuk, maka sampah yang dibawa dan sampah yang ada di lokasi, dikumpulkan ke dalam kantong plastik yang besar," urainya.


Siswa/i Yayasan Cetya Vidia Sasana juga berburu sampah sebelum sampai ke lokasi yang ditunjuk (Foto: Nursali)
 
Lebih jauh Bobi mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pihak Polres Karimun yang turut membantu pelaksanan Sabtu bersih yang dihelat Yayasannya itu. Sebab, Bobi merasa terharu atas bantuan 1 kompi personil Kepolisian di Satuan Shabara Polres Karimun untuk mendampingi dan bahkan ikut terjun langsung memungut sampah dari Yayasan Cetya Vidia Sasana yang belokasi di Jalan Raja Oesman nomor 5 itu sampai ke tempat tujuan.

"Saat memasukkan permohonan bantuan pengawalan ke Polres Karimun, saya hanya berharap didampingi 2 personil aparat Kepolisian. Sebab rute menuju ke lokasi, melewati jalan utama di Karimun ini. Sedangkan  siswa/i yang kita terjunkan jumlahnya lebih dari enam ratus anak," terangnya.

Namun, saat tiba di hari yang ditentukan, Kasat Shabara Polres Karimun, AKP Edward langsung memimpin 1 kompi personilnya. Menariknya menurut Bobi, personil Kepolisian dari Sat Shabara Polres Karimun itu tidak hanya mengawal, bahkan juga ikut "berburu" sampah dengan siswa/i Yayasan Cetya Vidya Sasana itu.


Keakraban antara aparat Kepolisian dengan siswa Yayasan Cetya Vidia Sasana (Foto: Nursali)

Setidaknya, kata Bobi lagi, dengan meluangkan waktu hingga 3 jam atau tepatnya acara berburu sampah tersebut dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB, siswa/i di Yayasan Cetya Vidya Sasana lebih memahami arti pentingnya kebersihan dilingkungannya masing-masing.   

"Suasananya sangat akrab, bahkan anak-anak banyak yang bersenda gurau dengan personil Kepolisian yang diterjunkan itu," ujarnya mengakhiri.                  

Editor: Udin