Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Arahan Baru Paus Fransiskus Tentang Kehidupan Keluarga
Oleh : Redaksi
Sabtu | 09-04-2016 | 08:36 WIB
pope_francis_by_epa.jpg Honda-Batam
Paus Fransiskus sudah lebih dulu mengirim daftar pertanyaan kepada keluarga di seluruh dunia. (Foto: EPA)

BATAMTODAY.COM, Roma - Paus Fransiskus sudah menerbitkan arahan baru dalam kehidupan keluarga dengan meminta agar gereja lebih memahami kenyataan modern.

Dokumen tersebut didasarkan pada dua Sinode yang membahas isu tersebut dan sudah ditunggu-ditunggu dengan penuh semangat oleh sekitar 1,3 miliar umat Katolik di seluruh dunia.

Diberi judul "Kasih dalam Keluarga", dokumen tidak mengubah doktrin ajaran Katolik. Namun membuka jalan bagi para uskup di masing-masing negara agar menafsirkan doktrin sesuai dengan budaya mereka.

Dokumen juga memuat pandangan-pandangan Paus tentang kehidupan keluarga, perkawinan, kontrasepsi, dan cara membesarkan anak.

Arahan baru ini merupakan puncak dari kerja tiga tahun Paus, yang mengirim daftar pertanyaan kepada keluarga di seluruh dunia tentang harapan dan kekhawatiran mereka.

Paus kemudian memanggil semua uskup dan kardinal dalam dua Sinode di Roma, yang diarahkan untuk mendorong mereka berdebat atau bahkan tidak sependapat tentang isu-isu yang memecah belah gereja di beberapa negara.

Masalah yang masih tetap menjadi perdebatan besar adalah menawarkan komuni kepada pasangan yang bercerai maupun pasangan yang menikah kedua kali, kontrasepsi, dan perlakuan atas umat Katolik yang homoseksual. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani