Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Bisa Didarati Pesawat Besar, Runway Bandara Karimun Diusulkan Diperpanjang
Oleh : Nursali
Kamis | 07-04-2016 | 15:36 WIB
saptono-bandara-karimun.jpg Honda-Batam
Kepala Bandara Raja Haji Abdullah, Saptono.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Landasan pacu atau runway di Bandara Raja Haji Abdullah diusulkan diperpanjang untuk menambah armada dan rute penerbangan dari dan ke Kabupaten Karimun.

Kepala Bandara Raja Haji Abdullah, Saptono mengatakan perpanjangan runway tersebut telah diusulkannya melalui pemerintah daerah ke Kementerian Perhubungan.

"Untuk saat ini panjang runway kita 1.650 meter. Pengusulan tersebut baru tahap pembahasan," kata Saptono kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (7/4/2016).

Ia juga mengatakan saat ini bandara tersebut baru disinggahi pesawat penerbangan perintis, sehingga dibutuhkan jenis pesawat yang sama atau atau berbadan besar yang mampu memuat banyak  penumpang dari Karimun.

"Dan rutenya baru ke Pekanbaru saja. Kalau sudah direalisasikan runway kita ini, rencananya akan ditambah rutenya ke Tanjungpinang dan Dabosingkep karena prospek penumpangnya cukup banyak," katanya lagi.

Namun sebelum usulan tersebut dibahas dengan serius oleh kementerian terkait, pihaknya menginginkan Pemerintah Daerah segera membebaskan lahan sesuai dengan kebutuhan bandara tersebut.

"Kalau lahan sudah dibebaskan, jadi gampang untuk memperpanjang runway-nya," kata dia.

Editor: Dodo