Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Koneksi Internet dan Aliran Listrik masih Kendala

Siswa Sebut UNBK Lebih Mudah dan Simpel
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 05-04-2016 | 10:40 WIB
UNBK.jpg Honda-Batam
UNBK dikatakan lebih mudah dah simple dibanding UN tertulis (foto : ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di 9 sekolah di Batam pada hari pertama berjalan mulus. Tidak ada hambatan yang dikeluhkan para siswa/i, baik itu koneksi internet maupun aliran listrik.

Kepala Sekolah SMAN 1 Batam, Chaidir mengaku, proses UN bagi anak didiknya berjalan lancar. Bahkan anak didknya itu lebih mudah mengerjakan ujian berbasis komputer tersebut.

"Kata anak-anak, lebih enak UNBK ketimbang ujian tertulis. Ini lebih simpel, enak karena siswa hanya ceklis memberikan jawabannya. Berbeda dengan UN tertulis," kata Chaidir Selasa (05/04/2016)

Meskipun begitu, ia mewanti-wanti apabila listrik padam maupun jaringan internet bermasalah, kendati keduanya sampai hari belum menemui kendala. Sebab, jika itu terjadi akan berimbas terhadap 308 siswa/i yang mengikuti UN melalui tiga gelombang itu.

"Kasian saja, kalau memang salah satu mati. Nanti mengulang kembali mengerjakan ujian," katanya.

Lebih jauh Chaidir menjelaskan, dalam satu sesi jam pelajaran, terdiri dari 103 peserta dengan dibagai menjadi tiga ruangan, yakni ruangan bahasa, lab komputer dan ruangan multi media. Satu ruangan katanya lagi, diisi 40 komputer.

"Hari pertama masuk semua, tidak ada yang tanpa keterangan. Satu rungan 40 siswa/i," tuturnya.

Untuk mata pelajaran hari ini, IPS, Kimia dan IPA, Geografi dengan dua pengawas silang dari SMAN 3 dalam satu ruangan.

"Kalau sudah selesai, lembar jawaban siswa kita tampung di server sekolah. Kemarin kita langsung kirim ke Provinsi Kepri," pungkasnya.

Editor : Udin