Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UN Tahun Ini, Tak Ada Siswa Jalani Ujian di Balik Jeruji
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 04-04-2016 | 13:30 WIB
Ujian Nasional2.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Ujian Nasional. (Foto: Ist) 

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, patut berbangka dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun  2016. Karena tidak ada satupun siswa/siswi yang menjalani UN dibalik jeruji seperti tahun lalu 2015.

Dari total peserta ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Ahir (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta 8.828 siswa/siswi tidak ada satupun sekolah yang melaporkan sisiwanya tersandung hukum ke Disdik.

"Tidak ada siswa/siswi yang mengikuti UN tahun ini dibalik jeruji, semua berjalan lancar," kata Kapala Bidang (Kabid) Disdik, Kota Batam, Andi Agung Senin (4/4/2016).

Tidak seperti tahun lalu, dua peserta ujian nasional berinisial MA dan R siswa SMKN 5 Batam, terpaksa melaksanakan ujian dibalik jeruji, Mapolsek Sekupang. Lantaran menjadi pelaku pejambretan.

"Belum ada laporan dari pihak sekolah ke Disdik sampai detik ini, mudah-mudahan tidak ada. Peserta UN siswa/siswi yang mengikuti berjalan di masing-masing sekolah," katanya.   

Bahkan pada hari pertama UN,  kata Andi dari total peserta SMA 3.948 siswa, SMK 4.458 dan Madrasah Aliyah 422 orang, tidak ada satupun yang izin maupun sakit yang masuk laporan ke Disdik, Batam, Sekupang pada hari pertama ini.

"Belum ada laporannya dari 106 sekolah yang mengikuti UN tahun ini. Saya belum  dapet laporan sesi kedua ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Tapi jam pertama masuk semua," pungkasnya.

Editor: Dardani