Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Tak Berseragam Amankan UN di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 04-04-2016 | 09:27 WIB
muslim-bidin-baru.jpg Honda-Batam
Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengamanan Ujian Nasional oleh kepolisian dilakukan dengan tidak menggunakan seragam. Hal ini untuk menjaga kondisi psikologis siswa/siswi peserta UN.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin membenarkan hal tersebut. "Tahun ini tidak ada lagi, polisi menjaga pelaksanaan UN di sekolah dengan berpakaian dinas," ujar Muslim, Senin (4/4/2016).

Orang nomor satu Disdik Batam mengatakan, setiap sekolah akan ada beberapa polisi untuk mengawal pelaksanaan UN agar berjalan lancar. Ada yang memakai pakaian biasa dan ada yang berpakaian dinas.

"Polisi yang berpakaian dinas hanya mengantar soal-soal UN, dari Polsek ke sekolah, yang menjaga nanti berpakaian biasa," katanya.

Menurut Muslim, keberadaan petugas kepolisian yang berseragam di sekitar lingkungan sekolah, membuat sejumlah siswa peserta UN merasa tegang. Sisi lain hal itu juga mengacu pada imbauan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

"Kemendikbud sudah mengeluarkan standar operasional prosedur (SOP) UN dengan meniadakan peran kepolisian. Tapi polisi tetap dilibatkan dalam penjaga keaslian soal agar tidak bocor," pungkasnya.

Editor: Dodo