Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rugi Rp600 Juta, Pemilik Rumah Walet Ini Akan Komplain Manajemen Ocean Park
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 31-03-2016 | 17:12 WIB
kebakaran-ocean-park2.jpg Honda-Batam
Salah satu rumah walet milik Akiong di Perumahan Ocean Park Marina yang terbakar. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Akiong (43), pemilik 4 unit rumah yang dilahap si jago merah di Perumahan Ocean Park, Marina, mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 600 juta. Jumlah tersebut ditaksir dari kerugian atas usaha sarang walet yang ikut terbakar, Kamis (31/3/2016) sekitar pukul 12.30 WIB.


"Kalau total keseluruhan secara pasti saya belum hitung. Cuma kalau dilihat-lihat lebih dari 500 juta, paling tidak di angka 600 bisa," kata Akiong kepada BATAMTODAY.COM, di tempat kejadian. 

Dikatakan Akiong, perkiraan kerugian ini selain mengenai usaha walet miliknya juga reparasi rumah yang terbakar. Pada bagian lantai 2 rumah deretan nomor 111-115 ini ludes terbakar. Sementara beberapa ekor burung walet diperkirakan terpanggang di dalam rumah. 

"Banyak yang lari keluar, tapi tadi nengok ke dalam banyak yang mati. Terperangkap di dalam tak bisa keluar karena panas kena sayapnya," tuturnya. 

Mengenai penyebab terbakarnya rumah ini, Akiong menanggapinya dengan santai. Ia terlihat rileks dan tidak terburu-buru menuduh salah satu pihak yang harus bertanggungjawab atau dianggap lalai. 

"Kita lihat dulu, yang penting amankan dulu apinya. Mengenai itu kita bahas belakangan. Jelasnya sudah ada saksi dan polisi sudah tangani," kata Akiong. 

Kendati demikian, Akiong menitikberatkan permasalahan ini kepada lemahnya pengawasan manajemen Ocean Park. Dikatakan Akiong, warga mendukungnya untuk meminta pertanggungjawaban dari pihak bersangkutan. 

"Jelasnya, ini bukan karena korsleting listrik. Tapi ada warga yang bakar sampah terus menjalar ke sini. Kita lihat nantilah, memang ada niat ke situ (meminta pertanggungjawaban Manajemen Ocean Park, red) tapi nanti," terangnya. 

Sebelumnya diberitakan, sedikitnya 11 rumah Ocean Park, Marina terbakar Kamis (31/3/2016) sekitar pukul 12.30 WIB. Penyebab terbakarnya deretan rumah nomor 111 sampai 121 berlantai dua ini diduga bermula dari terbakarnya tumpukan sampah.

Editor: Dodo