Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

11 Rumah di Ocean Park Marina Terbakar
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 31-03-2016 | 15:12 WIB
kebakaran-ocean-park.jpg Honda-Batam
Api saat melahap 11 rumah di Ocean Park Marina. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sedikitnya 11 rumah Ocean Park, Marina terbakar Kamis (31/3/2016) sekitar pukul 12.30 WIB. Penyebab terbakarnya deretan rumah nomor 111 sampai 121 berlantai dua ini diduga bermula dari terbakarnya tumpukan sampah. 

Frans (42), salah satu warga sekitar mengatakan, kebakaran ini dipicu oleh pembakaran sampah di lahan kosong yang berada tepat di belakang ke-11 rumah tersebut. Melihat adanya titik api, Frans kemudian memberitahukan kepada sekuriti setempat. 

"Sekitar jam 12.00 habis jemput istri, saya lihat ada api makanya beri tahu sekuriti. Biar diperhatikan jangan sampai terbakar lebih parah. Ternyata kejadian juga," kata Frans kepada BATAMTODAY.COM, Kamis siang. 

Frans menuturkan, beberapa hari yang lalu, rumput yang berada di lahan kosong ini memang dipotong oleh petugas. Lalu, rumput tersebut ditumpuk dan baru dibakar hari ini. Lantaran udara panas dengan angin kencang, api leluasa melahap seluruh lapangan dan merambat ke rumah warga. 

"Sudah beberapa kali petugas di sini ditegur, jangan bakar-bakar sembarangan. Begini kan jadinya, terbakar semua,"ujar Frans kesal. 

Pantauan di lokasi, beberapa warga mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Dengan menggunakan ember dan juga selang air, warga mencoba menjinakan api yang terus saja melahap ke 11 rumah itu. Beruntung, sebanyak 11 rumah, hanya 3 diantaranya yang berpenghuni. 

"Saya kerja di Haris Resort mess saya di sini. Sudah habis lah barang-barang saya," ujar Lina salah satu penghuni rumah. 

Selang 1 jam kemudian, 1 unit mobil pemadam kebakaran milik Badan Pengusaha (BP) tiba di lokasi. Kehadiran mobil ini disambut riuh suara warga, sebab dianggapnya telat menangani permasalahan api. 

"Walah baru datang, telat kali datangnya," ujar salah satu warga.

Hingga saat ini mobil pemadam masih berusaha memadamkan api. Petugas kesulitan lantaran angin yang cukup kencang dengan kondisi rumah yang sudah hampir tua. 

Editor: Dodo