Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Antisipasi Warga Asing Pencari Suaka
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 31-03-2016 | 10:12 WIB
nuryanto-baru.jpg Honda-Batam
Nuryanto, Ketua DPRD Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Nasib pengungsi pencari suaka dari luar negeri yang saat ini ditampung di Taman Aspirasi, Batam Centre dibahas dalam sebuah rapat koordinasi yang digelar Pemerintah Kota, Kepolisian, Imigrasi dan DPRD Batam.

Nuryanto, Ketua DPRD Kota Batam menyampaikan bahwa rapat koordinasi tersebut diadakan terkait dengan keberadaan warga asing di Taman Aspirasi dan sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi apapun terkait itu.

"DPRD Kota Batam belum ada mendapat informasi dari Pemko Batam maupun Imigrasi tentang warga asing tersebut," ucap Nuryanto, Kamis (31/3/2016).

Ia melanjutkan, tentunya tidak ingin para pencari suaka tersebut berlama-lama di sana sebab tidak baik untuk dilihat apalagi berada di pusat pemerintahan Kota Batam. "Juga untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Dijelaskannya, berdasarkan informasi yang didapat dari pihak terkait bahwa saat ini warga asing yang meminta suaka tersebut berasal dari Afghanistan dan Sudan.

"Jumlah mereka yang ada di Taman Aspirasi ada 31 orang, dan yang berada di Hotel Pelita berjumlah 209 orang," kata Nuryanto.

Kemudian dari pertemuan tersebut, semua pihak sepakat untuk mengantisipasi agar tidak ada lagi warga asing yang datang ke Batam untuk mencari suaka. Pemko dan DPRD Kota Batam akan berkonsultasi ke Pemerintahan Pusat terkait permasalahan tersebut.

"Pemko bersama stakeholder akan mengadakan rapat koordinasi terkait permasalahan tersebut sebab di Batam belum ada tempat untuk menampung warga asing tersebut. Dan secara teknis Imigrasi yang akan melakukan hal tersebut," ungkapnya.

Editor: Dodo