Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Apri Sujadi Sambut Reses 6 Anggota DPRD Kepri di Bintan
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 30-03-2016 | 10:12 WIB
Reses6bintan.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan Apri Sujadi, saat menerima reses Anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi Kepulauan Riau dapil Kabupaten Bintan dan Lingga. (Foto: Humas Pemkab Bintan)

BATAMTODAY.COM - Bupati Bintan Apri Sujadi, menyambut baik acara reses Anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi Kepulauan Riau dapil Kabupaten Bintan dan Lingga yang digelar di ruang rapat Kantor Bupati  Bintan, Selasa (29/3/2016).

Adapun Anggota DPRD Kepri yang hadir yakni, Asep Nurdin (Hanura), Syarifah Elfizana (Demokrat), Dewi Kumalasari (Golkar), Hanafi Ekra (PKS), Tawarich (PDI P) dan Susilawati (Nasdem).

Apri mengatakan Pemerintah Kabupaten Bintan berharap banyak atas terjalinnya sinergi antara Pemerintah Kabupaten Bintan dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tentunya melalaui peran serta ke 6 Anggota DPRD Kepri dapil Bintan dan Lingga.

"Dengan sinergi ini, tentunya banyak hal yang harus disinergikan selama 5 tahun kedepan karena mustahil pembangunan bisa maksimal tanpa peran serta DPRD Kepri," ujar Apri.

Apri berharap, peran serta DPRD Kepri yang dalam hal ini bisa membantu dan mendengarkan serta menerima usulan-usulan masyarakat Bintan yang dalam hal ini akan disampaikan secara tertulis dan berharap semoga dapat ditindaklanjuti.

Apri juga menjelaskan beberapa yang ingin ditanyakan terkait pengentasan kemiskinan yang mana tidak dianggarkan, dan juga ada beberapa kebijakan serta kewenangan yang seharusnya hak Pemerintah Kabupaten Bintan sebagai pemilik kawasan tertentu kini diambil alih oleh Pemerintah Provinsi yakni terkait pertambangan.

"Program pengentasan kemiskinan tidak dianggarkan, sedangkan masyarakat membutuhkan hal itu dan beberapa kebijakan serta kewenangan yang kini diambilalih Pemerintah Provinsi Kepri tentu hal ini membutuh kan sinergi satu sama lainnya," kata Apri.

Menurut Apri pembahasan hal ini tidak hanya didalam forum formal dan non formal saja, melainkan juga harus diperjuangkan bersama.

“Jangan lupa, mari kita bersama-sama majukan dapil bapak dan ibu sekalian yang ada di Kabupaten Bintan,” kata dia.

Sebagai koordinator rombongan reses, Susilawati dari Partai Nasdem juga mengatakan, dengan diadakannya acara ini tentu hal ini akan diperjuangkan hasil diskusi dan usulan-usulan dari Bupati maupun Wakil Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Bintan.

“Mendengarkan dan menerima usulan-usulan yang akan kami perjuangkan nantinya untuk ditingkat Provinsi,” ujar Susilawati.

Selanjutnya, Susilawati juga menjelaskan selain reses ke Kabupaten Bintan juga akan melakukan reses ke Kabupaten Lingga pada besok harinya.

Sementara itu, Dewi Kumalasari (Golkar) mengatakan, usulan-usulan yang telah disampaikan akan menjadi perhatian bersama dan tentunya akan ditindaklanjuti bersma.

Dewi juga menjelaskan, terkait persiapan FTZ Pemerintah Provinsi telah membentuk pansus untuk menindaklanjuti hal tersebut dan terkait perpustakaan apung, tentunya hal ini sudah dikomunikasikan dalam hal pengadaan buku-buku agar sesuai dengan apa yang diharapkan nantinya.

“Untuk Persiapan FTZ kita sudah membentuk pansus dan terkait dengan perpustakaan Apung, nantinya buku tersebut akan disesuaikan dengan fungsinya,” ujar Dewi.

Selain itu, Dewi juga menjelaskan berkenaan dengan Bantuan Panti Asuhan, selama ini selalu menjadi perhatian bersama.

“Untuk bantuan Panti asuhan bisa melalui Bansos, asalkan harus terdaptar dan Selain itu juga untuk perhatian terhadap orang tua, Lansia alhamdulillah berjalan dengan baik,” ujar Dewi.

Selanjutnya, sebagai penutup, Apri juga mengucapkan terima kasih atas kesediaannya melakukan reses di Bintan dan semoga segala aspirasi serta usulan yang sudah disampaikan baik secara lisan maupun tulisan dapat ditindaklanjuti.

“Insya Allah pada tahun 2017 kita akan fokus terhadap transportasi untuk siswa baik transportasi laut (Kapal) untuk di pulau-pulau maupun transportasi di darat (Bus), tentu hal ini membutuhkan dukungan Pemerintah Provinsi Kepri,” ujar Apri.

Apri menjelaskan, terkait permasalahan jarak pembayaran Pajak yang mana untuk darah Bintan Timur sangat jauh, tentunya agar dapat terjangkau harus adanya Mobil Pajak Keliling, agar mempermudah dalam pembayaran pajak. Selain itu, rencana pembangunan pelabuhan apung menjadi salah satu yang prioritas karena dermaga yang sudah ada tidak memungkinkan.

“Dermaga yang ada di Barek Motor kondisinya sangat tak memungkinkan, tentunya hal ini akan kita ajak masyarakat untuk membahas rencana ini agar ada persinggahan kapan bisa dinikmati bersama nantinya,” ujarnya.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya menurut Apri ialah menyangkut listrik, baik untuk wilayah darat maupun wilayah laut tentu harus mendapatkan hak yang sama dan hal ini tentunya sedang di usahakan bersama agar 24 jam bisa menikmati listrik.

“Kemarin kami sudah melakukan pertemuan dengan PLN Medan dan PLN Tanjungpinanag guna membahas ini. Kalau listrik di darat, Insya Allah sudah dan tentu kami akan membuat jaringan listrik anatar pulau di Bintan, karena masih ada yang hanya 12 jam saja menikmati listrik tentu hal ini menjadi perhatian bersama,” ujar Apri.

Selanjutnya, Apri juga mengatakan akan fokus juga menangani infrastruktur seperti jalan lintas Barat yang nantinya akan tembus ke Lintas Timur (Kawasan Timur) agar saling berhubungan satu sama lainnya.

Editor: Dodo