Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Hanya dengan The Beatles, Mendiang George Martin Juga Berpengaruh bagi Nirvana
Oleh : Redaksi
Kamis | 17-03-2016 | 12:34 WIB
Kurt_Cobain_Unplugged_NME.jpg Honda-Batam
Kurt Cobain, vokalis Nirvana. (Sumber foto: NME)

BATAMTODAY.COM - Kemampuan mendiang George Martin sebagai seorang produser ulung ternyata tidak hanya memengaruhi The Beatles yang kemudian menjadi salah satu band paling legendaris di dunia. Baru-baru ini, produser Nirvana, Butch Vig, turut mengakui kehebatan produser yang baru saja tutup usia pada beberapa waktu lalu tersebut.

Seperti dilansir Guardian, Vig mengungkapkan, Martin adalah “produser paling penting dalam sejarah rock’n’roll.'” Vig, yang saat itu memproduseri Nevermind pada 1991, juga memaparkan bagaimana teknik produksi Martin memengaruhi Kurt Cobain. 

“Ada satu saat di mana saya ingin Kurt Cobain untuk menggandakan rekaman suaranya pada suatu lagu saat kami sedang menggarap Nevermind. Ia menolak untuk melakukan hal tersebut karena baginya hal itu akan terdengar terlalu palsu,” ujar Vig kepada Guardian. “Lalu saya bilang, ‘John Lennon menggandakann rekaman vokalnya.’ Setelah saya mengatakan itu, Kurt bilang, ‘Oke.’ Mulai sejak itu ia pun banyak menggandakan rekaman suaranya.” 

“Awalnya, pekerjaan kebanyakan produser hanyalah untuk merekam lagu. Tetapi, George Martin benar-benar mengubahnya. Ia mampu mendorong The Beatles untuk mulai menulis harmoni vokal yang kompleks—hal itulah yang menangkap Anda, melampaui energi band tersebut,” tambah Vig. 

Sumber: Rolling Stone
Editor: Dodo