Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rafa Benitez Resmi Jadi Manajer Newcastle United
Oleh : Redaksi
Sabtu | 12-03-2016 | 08:36 WIB
rafa_by_sportsatu.jpg Honda-Batam
Benitez membawa syal bertuliskan Newcastle United di St. James Park. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Madrid - Mantan Pelatih Real Madrid, Rafa Benitez, resmi ditunjuk sebagai manajer Newcastle United untuk tiga musim ke depan. Pelatih yang pernah menangani Liverpool dan Chelsea itu menggantikan posisi Steve McClaren yang dipecat oleh The Magpies.

Rafa Benitez akhirnya kembali ke Inggris setelah sempat berpetualang ke Italia dengan melatih Napoli dan Inter Milan, serta sempat di Spanyol untuk melatih Real Madrid, meski sangat singkat. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu memilik tugas berat untuk membawa Newcastle keluar dari zona degradasi.

"Saya sangat senang untuk mengonfirmasi bahwa saya berkomitmen untuk klub Inggris yang legendaris, dengan tantangan besar yang tersisa di Premier League. Ini akan menjadi tantangan bukan hanya untuk saya dan staf, tapi untuk pemain, klub, dan para penggemar," ujar Rafa Benitez seperti dilansir Football Espana.

"Semua dari kami harus mendorong secara bersama-sama ke arah yang sama dan dengan target yang sama di dalam pikiran. In adalah alasan mengapa saya akan meminta dukungn total Anda untuk berhasil menyelesaikan tugas ini. Secara pribadi, itu berarti saya kembali ke Premier League, lebih dekat dengan rumah dan keluarga saya," lanjutnya.

Benitez memang merupakan pelatih berpengalaman yang bergelimang trofi saat menangani sebuah klub. Sejak menangani Valencia pada 2001 di La Liga, hingga menangani Napoli sebelum hijrah ke Real Madrid, Benitez selalu merasakan trofi juara.

Dua gelar juara La Liga pada 2001/2002 dan 2003/2004, serta Piala UEFA 2003/2004 adalah bukti sukses Benitez di Valencia sebelum hijrah ke Liverpool. Berlabuh di Anfield, Benitez gagal mempersembahkan gelar juara Premier League. Namun, juara Liga Champions 2004/2005 dan Piala Super Eropa 2005 menjadi milik The Reds di bawah asuhannya.

Menangani Inter Milan pada 2010, Benitez mempersembahkan trofi Supercoppa Italiana dan Piala Dunia Klub 2010. Ia pun kemudian membantu Chelsea meraih trofi Liga Europa pada 2012/2013 sebelum akhirnya meraih gelar juara Coppa Italia 2013/2014 dan Supercoppa Italiana 2014 bersama Napoli. Hanya Real Madrid, klub yang memecatnya pada Desember 2015 lalu, yang belum merasakan trofi juara di bawah asuhannya. (Sumber: Sportsatu)

Editor: Dardani