Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPJS Kesehatan Akui Karyawannya Pakai Asuransi InHealth
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 07-03-2016 | 16:34 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Batam tidak membantah bahwa karyawan BPJS Kesehatan menggunakan asuransi tambahan yaitu InHealth.

Kepala BPJS Kesehatan, Cabang Batam, Budi Setiawan menyampaikan bahwa dalam aturannya perusahaan boleh menggunakan asuransi tambahan meskipun sudah menggunakan asuransi BPJS Kesehatan.

"Kita tetap menggunakan BPJS Kesehatan tapi juga menggunakan asuransi tambahan yaitu InHealth," kata Budi Setiawan di DPRD Batam, Senin (7/3/2016).

Sedangkan Humas BPJS Kesehatan, Irfan Racmadi menjelaskan hal yang sama, bahwa seluruh karyawan BPJS Kesehatan memang menggunakan asuransi tambahan yaitu InHealth namun juga tetap masih menggunakan BPJS Kesehatan karena wajib bagi seluruh masyarakat.

Dijelaskannya bahwa bagi perusahaan yang mampu, menurutnya tidak dilarang menggunakan asuransi tambahan yang juga sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dengan fasilitas coordination of benefit (CoB).

"Kita juga sering kok menawarkan hal ini kepada perusahaan lainnya yang mampu, ada sekitar 50 asuransi yang bekerjasama dengan fasilitas CoB dan salah satunya InHealth itu," katanya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Batam, Udin P Sihaloho sangat menyayangkan hal tersebut, karena di tengah pelayanan BPJS Kesehatan yang masih buruk sampai saat ini, ternyata pihak BPJS-nya menggunakan asuransi lain.

"Mereka enak menggunakan asuransi lain, sedangkan masyarakat diwajibkan untuk menggunakan BPJS Kesehatan," kata Udin.

Editor: Dodo