Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Brasil Tahan Wakil Direktur Facebook
Oleh : Redaksi
Rabu | 02-03-2016 | 08:24 WIB
whatsapp_by_ap.jpg Honda-Batam
Logo Whats-up dan Facebook. (Foto: AP)

BATAMTODAY.COM, Serpie - Pada Desember lalu, hakim di Brasil sempat memblokir WhatsApp selama 48 jam karena menolak memenuhi perintah pengadilan untuk membagi informasi. Polisi di Brasil telah menahan wakil direktur perusahaan media sosial Facebook di Amerika Latin.

Diego Dzodan yang berkewarganegaraan Argentina berulangkali menolak mematuhi perintah pengadilan untuk menyerahkan data yang akan digunakan dalam penyelidikan polisi atas perdagangan narkotika, kata polisi. Penahanannya terkait dengan layanan percakapan WhatsApp yang dimiliki oleh Facebook.

Dalam sebuah pernyataan, Facebook mengatakan penahanan Dzodan -atas perintah hakim negar bagian Serpie, Brasil timur laut- sebagai 'langkah ekstrem dan berlebihan'.

Dzodan ditahan saat meninggalkan rumahnya di kawasan eksklusif di Sao Paulo pada Selasa (01/03) pagi waktu setempat.
Dalam dua kesempatan sebelumnya, hakim Marcel Maia Montalvao mengeluarkan hukuman denda terhadap Facebook karena menolak membuka data WhatsApp.

Informasi tersebut, menurutnya, diperlukan sebagai bagian penyelidikan hukum rahasia yang melibatkan 'perdagangan narkotika dan kejahatan terorganisir'.

Dalam sebuah pernyataan, Facebook mengungkapkaj kekecewaan atas penangkapan Dzodan. "Facebook selalu dan akan menyediakan diri untuk menjawab setiap pertanyaan dari pemerintah Brasil," kata perusahaan tersebut.

Desember tahun lalu, hakim di Brasil memblokir WhatsApp selama 48 jam karena dianggap gagal memenuhi perintah pengadilan untuk membagi informasi dalam kasus kriminal. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani