Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Kesal, Mobil Pemadam Tak Sigap Padamkan Api di Batuaji
Oleh : Harun al Rasyid
Selasa | 01-03-2016 | 14:44 WIB
kebakaran-hutan-bintan.jpg Honda-Batam
Seorang warga memadamkan api dengan peralatan seadanya saat kebakaran menghanguskan hutan di Kampung Bintang, Batuaji. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga rumah liar (ruli) Kampung Bintang, Kelurahan Tanjunguncang, Batuaji Gerah. Pasalnya, hampir satu jam lebih kebakaran yang meludeskan hutan sekitar 2 hektare itu, mobil pemadam kebakaran tidak juga tiba di lokasi. 

Padahal, tepat di belakang lokasi kebakaran, terdapat Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) Tanjunguncang, dua unit rumah dinas Polisi yang baru diresmikan beberapa waktu lalu, dan rumah warga lainnya.

"Mana mobil pemadamnya, kok tak ada. Sempat SPBU itu meledak, habislah kita," ujar Elin, salah satu warga Kampung Bintang, Selasa (1/3/2016). 

Angin yang cukup kencang memudahkan si jago merah melahap semak belukar dan pepohonan. Tak butuh waktu lama, api kian menjalar dan menghanguskan tanaman di kebun warga Kampung Bintang. 

"Habis tanaman saya, sudah tak ada sisanya lagi itu," ujarnya menimpali. 

Dengan dibantu polisi Batuaji dan warga sekitar, mereka bahu membahu memadamkan api dengan alat seadanya. Begitu juga karyawan SPBU cekatan mengambil selang air dan menyemprotnya dari balik dinding SPBU. Baca: Lagi Asik Arisan, Warga Tak Sadar Api Hampir Jilat Rumah Dinas Polisi

"Terpaksa pakai selang ini, mau bagaimana lagi, tak ada mobil pemadam kebakaran," tutur Agri, salah satu warga yang berusaha memadamkan api menggunakan selang kecil. 

Selang satu jam kemudian tepat pukul 11.51 WIB, satu unit mobil pemadam kebakaran milik Badan Pengusahaan (BP) Batam mendatangi lokasi kebakaran. Disusul sekitar pukul 12.15 WIB satu unit mobil pemadam lainnya juga mendatangi lokasi. 

Editor: Dodo