Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rekaman Super Langka The Beatles akan Dilelang
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-02-2016 | 10:53 WIB
the beatles abbey road other version.jpg Honda-Batam
The Beatles. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM - Sebuah rekaman yang sangat langka dan berharga dari kelompok musik The Beatles akan dilelang bulan depan.

Rekaman yang ditemukan 'teronggok merana' di loteng rumah pianis Inggris Les Maguire itu berupa piringan hitam 10 inchi yang berisi lagu Till There Was You dan Hello Little Girl.

Maguire yang merupakan pemain keyboard kelompok asal Liverpool Gerry and the Pacemakers mengatakan rekaman itu merupakan 'pemicu ssuksesnya The Beatles'.

Di piringan itu terdapat tulisan yangan manager the Beatles, Brian Epstein.

Secara konservatif, rekaman itu diperkirakan bisa terjual dengan harga hingga £10.000 atau sekitar Rp187 juta sekalipun sulit memastikan berapa harga jual yang akan tercapai mengingat langkanya barang ini.

Rekaman yang dilabeli sebagai karya "Paul McCartney & The Beatles" ini dicetak di toko rekaman HMV di Oxford Street, London, dan diberikan kepada produser George Martin yang bekerja di perusahaan rekaman EMI, sebelum band itu mengingat kontrak.

Maguire yang kini berumur 74 tahun diberi piringan itu oleh Epstein tahun 1963 setelah George Martin mengembalikannya.

Ahli sejarah The Beatles, Mark Lewishon, menyatakan rekaman ini merupakan salah satu "rekaman paling langka dan paling diminati kolektor' dari rekaman The Beatles.

Lelang ini akan dilakukan di balai lelang Omega di Warrington pada tanggal 22 Maret dan akan disiarkan secara langsung melalui internet agar memungkinkan diikuti peserta di seluruh dunia.

Sumber: BBC